JURNAL PENDIDIKAN MIPA
Vol 14 No 2 (2024): JURNAL PENDIDIKAN MIPA

Pengaruh Pendekatan Kontekstual terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Peserta Didik SMP

Helma Lia Sapitri (Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai)
Zulhendri Zulhendri (Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai)
Kasman Ediputra (Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai)



Article Info

Publish Date
16 Jun 2024

Abstract

Penelitian dilatar belakangi oleh kurangnya kemampuan berpikir kritis peserta didik ketika pembelajaran matematika. Hal tersebut ditandai dengan adanya perasaan takut atau khawatir yang dipunyai peserta didik kelas VII SMP Negeri 3 Bangkinang. Salah satu solusi untuk mengatasi masalah ini ialah dengan mengimplementasikan pendekatan kontekstual. Tujuan penelitian ini untuk menguji pendekatan kontekstual dapat berpengaruh terhadap berpikir kritis matematis peserta didik kelas VII SMP Negeri 3 Bangkinang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah eksperimen semu dengan desain randomized control group pretest-posttest. Subjek penelitian terdiri dari kelas VII A yang berjumlah 24 peserta didik dan kelas VII C yang berjumlah 25 peserta didik. Teknik sampel yang digunakan ialah purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu menggunakan soal tes matematika berbentuk uraian. Berdasarkan hasil uji hipotesis dapat disimpulkan bahwa pendekatan kontekstual berpengaruh terhadap berpikir kritis matematis peserta didik kelas VII SMP Negeri 3 Bangkinang. Hal tersebut dapat dibuktikan melalui uji Hipotesis dengan Independent Sample t-test.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jpm

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Pendidikan MIPA STKIP Taman Siswa Bima, terbit 2 kali setahun dengan edisi Januari–Juni dan Juli-Desember. Sebagai media informasi, pemikiran dan hasil penelitian yang berkaitan dengan pendidikan matematika dan ilmu pengetahuan ...