Penelitian dilatar belakangi oleh kurangnya kemampuan berpikir kritis peserta didik ketika pembelajaran matematika. Hal tersebut ditandai dengan adanya perasaan takut atau khawatir yang dipunyai peserta didik kelas VII SMP Negeri 3 Bangkinang. Salah satu solusi untuk mengatasi masalah ini ialah dengan mengimplementasikan pendekatan kontekstual. Tujuan penelitian ini untuk menguji pendekatan kontekstual dapat berpengaruh terhadap berpikir kritis matematis peserta didik kelas VII SMP Negeri 3 Bangkinang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah eksperimen semu dengan desain randomized control group pretest-posttest. Subjek penelitian terdiri dari kelas VII A yang berjumlah 24 peserta didik dan kelas VII C yang berjumlah 25 peserta didik. Teknik sampel yang digunakan ialah purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu menggunakan soal tes matematika berbentuk uraian. Berdasarkan hasil uji hipotesis dapat disimpulkan bahwa pendekatan kontekstual berpengaruh terhadap berpikir kritis matematis peserta didik kelas VII SMP Negeri 3 Bangkinang. Hal tersebut dapat dibuktikan melalui uji Hipotesis dengan Independent Sample t-test.
Copyrights © 2024