Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa tipe dan karakteristik strategi untuk meningkatkan kinerja industri kecil di Pemko Lhokseumawe Nanggroe Aceh Darussalam. Dalam penelitian ini yang menjadi dasar analisis dalam tipe dan karakteristik strategi Miles dan Snow. Variabel dan indikator tipologi tersebut adalah : Prospector, dengan indikatornya adalah produk baru yang pertama, pemimpin pasar dan fleksibelitas. Defender, dengan indikatornya adalah produk yang terfokus, pasar yang terfokus dan efisiensi. Analyzer, indikatornya adalah produk yang berkesinambungan, penganalis pasar dan pengalis pesaing. Reactor, dengan indikatornya adalah produk yang sesuai dengan tekanan lingkungan, pasar sesuai dengan pesaing dan kurang baik dalam strategi persaingan .Jumlah sampel yang digunakan 160 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keempat tipologi strategi tersebut telah dijalankan oleh industri kecil di Pemko Lhokseumawe dengan perbandingan 30 responden menggunakan tipe strategi prospector, 67 responden menggunakan tipe strategi defender, 36 responden menggunakan tipe strategi analyzer, serta 27 responden menggunakan tipe strategi reactor.Kata kunci : tipe strategi, kesuksesan usaha, industri kecil, kinerja.
Copyrights © 2010