Penelitian ini dilatarbelakangi karena kurangnya penggunaan media pembelajaran khususnya media berbasis audiovisual yang lebih menarik, sehingga peserta didik mengalami kesulitan dalam memahami materi pada tema anggota tubuh serta masih kurangnya kemampuan berpikir kreatif peserta didik kelas VIII. Tujuan penelitian untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis video animasi dan mengetahui tingkat efisiensinya. Metode yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) yang diadaptasi dari model pengembangan menurut Borg and Gall. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara dan lembar validasi. Media pembelajaran berbasis video animasi dikembangkan dengan langkah-langkah menggali potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk. Hasil penelitian menunjukkan tingkat kevalidan video animasi tema anggota tubuh untuk menumbuhkan kemampuan berpikir kreatif pada peserta didik kelas VIIIĀ sebesar 89% dengan kategori sangat valid, sehingga dapat digunakan untuk proses pembelajaran.
Copyrights © 2024