Eduproxima : Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA
Vol 6, No 2 (2024)

EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN OASIS DAN PBL TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA

Siti Nurkholifah (Unknown)
Desi Nuzul Agnafia (Prodi Pendidikan IPA, STKIP Modern Ngawi)
Anis Zahrotin (Prodi Pendidikan IPA, STKIP Modern Ngawi)



Article Info

Publish Date
29 Apr 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan menilai efektivitas pendekatan pembelajaran OASIS dan PBL dalam meningkatkan disparitas rata-rata dalam keterampilan berpikir kritis di kalangan siswa kelas delapan dalam kaitannya dengan topik getaran dan gelombang bunyi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain quasi eksperimen dengan prosedur penelitian pretest-posttest. Kelas eksperimen satu dan dua dipilih sebagai lokasi penelitian. Prosedur pengambilan sampel menggunakan purposive sampel, yaitu memilih kelas VIII D dan VIII E sebagai unit sampel. Setiap kelas terdiri dari total 32 siswa. Pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian antara lain wawancara terstruktur, RPP, LKPD, serta soal pretest dan posttest. Instrumen ini dievaluasi oleh tiga orang ahli di bidangnya. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan aplikasi perangkat lunak SPSS 19. Untuk menguji hipotesis digunakan uji non-parametrik Mann Whitney U. Hasil pengujian menunjukkan terdapat perbedaan rata-rata yang signifikan secara statistik sebesar 0,036 antara kedua kategori. Validitas model kategori dinilai dengan menghitung skor N-Gain untuk kategori baik. Skor gain sebesar 0,5534375 diamati dalam kategori sedang. Temuan yang diperoleh dari analisis data penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran OASIS dan PBL diterapkan dengan efektif. Selain itu, perbedaan yang mencolok dalam varian rata-rata kemampuan berpikir kritis pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 4 Ngawi terlihat pada konteks permasalahan getaran dan gelombang bunyi. Gelombang bunyi adalah jenis gelombang mekanis yang dihasilkan oleh getaran partikel dalam suatu medium, seperti udara atau air.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

eduproxima

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Chemistry Earth & Planetary Sciences Education Physics

Description

Jurnal Eduproxima: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA menyajikan hasil penelitian yang berkenaan dengan bidang kajian fisika, kimia, biologi, dan penerapan IPA atau sains dalam pendidikan. Jurnal diterbitkan 2 kali setahun (Januari dan ...