Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk mendeskripsikan efisiensi e-LKPD berbasis inkuiri terbimbing tema pemanfaatan gelombang dalam kehidupan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Metode yang digunakan (Research and Development) dengan model penelitian berdasarkan prosedur pengembangan yang dikembangkan oleh Sugiyono yang dimodifikasi berdasarkan kebutuhan peneliti yang dibatasi hanya pada tahap uji coba terbatas. Instrumen yang digunakan lembar angket ahli untuk uji kevalidan dan lembar angket respon siswa untuk mengukur tingkat efisiensi produk. Data analisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukan tingkat kevalidan secara keseluruhan hasil rata-rata sebesar 88,3% dengan kategori ”Sangat Valid” hal tersebut berdasarkan validasi ahli materi yang mendapatkan persentase nilai sebesar 89,3% dengan kategori “sangat valid”, validasi ahli media mendapatkan persentase nilai sebesar 86,3% dengan kategori “sangat valid” dan validasi guru IPA mendapatkan persentase nilai sebesar 89,3% pada kategori “sangat valid”. Hasil tingkat efisiensi produk e-LKPD mendapatkan persentase nilai sebesar 85,7% dengan kategori “Sangat Efisien’.
Copyrights © 2024