Artikel ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media video animasi terhadap kemampuan literasi sians siswa SD. Dimana penerapan literasi sains yang ada di Indonesia ini terbilang cukup rendah, pemilihan model pembelajaran juga mempengaruhi hal tersebut. Melihat kondisi tersebut perlu adanya pembaharuan dengan pemanfaatan teknologi menggunakan media video animasi untuk meningkatkan literasi sains siswa dengan harapan generasi yang akan datang dapat menghadapi pendidikan abad-21. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantittatif eksperimen dengan desain penelitian pre-Exsperimenal Designone-Group( Pretest-Posttest Design). Populasi yang digunakan adalah kelas V SDN Jimbaran Kulon sebanyak 26 siswa. Teknik pengumpulan data berupa pemberian tes awal (pre-test) sebelum diberikan perlakuan dan tes akhir (post-test) setelah diberikan perlakuan pada setiap kelompok yang sama. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitihan ini adalah hasil telah yang diperoleh dari nilai pre-test dan post-test siswa menggunakan N-Gain. Sehingga hasil penelitian menunjukkan menunjukkan adanya pengaruh penggunaan media video animasi terhadap kemampuan literasi sains siswa SD.
Copyrights © 2024