Rendahnya prestasi belajar peserta didik bergantung pada aspek afektif dan aspek kognitif. Penggunaan model pembelajaran dan media pembelajaran yang inovatif dapat digunakan untuk meningkatkan hasil dan motivasi belajar peserta didik. Salah satu cara inovatif untuk melibatkan peserta didik secara aktif dan membuat pembelajaran lebih menarik adalah dengan menggunakan model pembelajaran TGT dengan media word square. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas model TGT dengan media word square terhadap motivasi dan hasil belajar IPAS pada peserta didik kelas V SDN Kepunduhan 01. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen desain nonequivalent control group, dengan jumlah sampel sebanyak 44 peserta didik. Sampel terdiri dari 22 peserta didik kelas VA sebagai kelompok eksperimen dan 22 peserta didik kelas VB sebagai kelompok kontrol. Data diperoleh dengan tes dan non-tes, dan diuji menggunakan uji paired sample t-test dan uji independent sample t-test. Berdasarkan hasil penelitian, rata-rata posttest motivasi belajar tidak memliki perbedaan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, namun hasil belajar IPAS pada kelas eksperimen memiliki rata-rata nilai posttest yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol dengan rata-rata 11,32. Maka, hasil penelitian ini adalah model TGT berbantuan media word square tidak efektif untuk memotivasi siswa kelas V SDN Kepunduhan 01 dalam pembelajaran IPAS, namun efektif untuk meningkatkan hasi
Copyrights © 2024