Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan e-modul dapat meningkatkan motivasi belajar ekonomi pada siswa kelas X IPS SMA Swasta RK Bintang Timur Pematangsiantar Tahun Ajaran 2020/2021. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X berjumlah 30 orang. Penelitian yang akan dilaksanakan adalah penelitian tindakan kelas. Adapun model yang akan dipakai adalah penelitian tindakan kelas model Kemmis & MC Taggart yang setiap siklusnya terdiri dari 4 langkah yaitu : perencanaan (plan), tindakan (act), pengamatan (observ), dan refleksi (reflect). Dari hasil pengolahan data penelitian diperoleh penggunaan e-modul dapat meningkatkan motivasi belajar ekonomi pada siswa kelas X IPS SMA Swasta Bintang Timur Pematangsiantar Tahun Ajaran 2020/2021. Pada pra siklus motivasi belajar bernilai 65 (predikat kurang), sedang pada siklus I bernilai 79,4 (predikat cukup) dan pada siklus II bernilai 85,1 (predikat baik) dengan indikator kinerja 82.
Copyrights © 2023