cover
Contact Name
Osco Parmonangan Sijabat
Contact Email
oscosijabat17@gmail.com
Phone
+6285270212826
Journal Mail Official
migascentralsijabat@gmail.com
Editorial Address
Jl. Medan KM. 4,5 Sumber Jaya II, Gang Kolam No. 4, Kelurahan Sumber Jaya, Kecamatan Siantar Martoba, Kota Pematang Siantar, Indonesia, Kode Pos: 21138.
Location
Kota pematangsiantar,
Sumatera utara
INDONESIA
Pengembangan Penelitian Pengabdian Jurnal Indonesia (P3JI)
ISSN : -     EISSN : 2987744X     DOI : -
Pengembangan Penelitian Pengabdian Jurnal Indonesia (P3JI) adalah jurnal yang memuat artikel-artikel terkait penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dari berbagai disiplin ilmu dalam bidang pendidikan, sains dan teknologi, kemasyarakatan, entrepreneurship, serta kebijakan manajemen yang diadopsi dalam berbagai aktivitas penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dan terapan lainnya. Artikel-artikel yang dipublikasikan adalah hasil-hasil penelitian dan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang bersifat original dan belum pernah diterbitkan atau diajukan ke jurnal lain. Pengembangan Penelitian Pengabdian Jurnal Indonesia (P3JI) menerima manuskrip atau naskah artikel dalam bidang riset terapan dan hilirisasi hasil penelitian dan pengabdian masyarakat secara kuantitatif maupun kualitatif berbasis komunitas. Jurnal ini terbit empat kali dalam setahun yaitu di bulan Februari, Mei, Agustus dan November. Pengembangan Penelitian Pengabdian Jurnal Indonesia (P3JI) adalah jurnal yang memuat artikel-artikel terkait penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di bidang: 1. PENDIDIKAN : [PGSD, PKn, Ekonomi, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, Bahasa Jerman, Fisika, Biologi, Kimia, Matematika, IPA]. 2. SAINS : [Matematika, Tehnik Mesin, Manajamen Pengelolaan Sumber Daya Perairan, Ilmu Komputer] 3. SOSIAL HUMANIORA 4. KEWIRAUSAHAAN [ENTREPRENEURSHIP]
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 157 Documents
HUBUNGAN KETERSEDIAAN MEDIA PEMBELAJARAN DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III SD NEGERI 091299 SIPOLDAS Arni Lisma Girsang; Osco Parmonangan Sijabat; Desi Sijabat
Pengembangan Penelitian Pengabdian Jurnal Indonesia (P3JI) Vol. 1 No. 1 (2023): P3JI - FEBRUARI
Publisher : Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan ketersediaan media pembelajaran dengan hasil belajar siswa pada subtema pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan dikelas III SD Negeri 091299 Sipoldas kabupaten Simalungun tahun ajaran 2022/2023. Metode yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian korelasional. Adapun sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas III berjumlah 31 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan instrument penelitian berupa kuesioner, angket, dan tes. Berdasarkan hasil uji korelasi dengan menggunakan bantuan SPSS Versi 22 for windows maka diperoleh nilai koefisien korelasi hubungan antara ketersediaan media pembelajaran dengan hasil belajar siswa pada subtema pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan di kelas III SD Negeri 091299 Sipoldas adalah 0,905 > 0,005 yang mana dalam hal tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara ketersediaan media pembelajaran dengan hasil belajar siswa pada subtema pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan dikelas III SD Negeri 091299 Sipoldas kabupaten Simalungun tahun ajaran 2022/2023.
PENINGKATAN VOCABULARY SISWA UNTUK MENGETAHUI NAMA-NAMA BENDA DI LINGKUNGAN SEKOLAH DENGAN MENGGUNAKAN FLASH CARD DI SD NEGERI 104211 Rani Raka Siwi; Marlina Tampubolon; Rikky Asi Erwindo Siahaan; Masriani Mery Rosmida Silalahi; Lely Fitri Hasibuan; Dwi Pebrina Sinaga; Nurul Husnah Harahap; Muhammad Husda Firdaus; Winnmery L. Habeahan
Pengembangan Penelitian Pengabdian Jurnal Indonesia (P3JI) Vol. 1 No. 1 (2023): P3JI - FEBRUARI
Publisher : Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Bahasa Inggris merupakan salah satu mata pelajaran yang wajib dikuasai oleh siswa Sekolah Dasar. Namun siswa mengalami kesulitan berkomunikasi karena kurangnya penguasaan kosakata bahasa Inggris. Hal ini didukung pula dengan pembelajaran di sekolah yang lebih banyak menggunakan buku teks daripada menggunakan metode pembelajaran lain yang lebih menarik sehingga kegiatan pengabdian siswa/siswi ini perlu dilakukan di SDN 104211, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara. Tujuan dari kegiatan pengabdian siswa/siswi ini adalah untuk melatih siswa sekolah dasar berkomunikasi dalam bahasa Inggris untuk mengembangkan pengetahuan dan ketrampilan kosakata dengan penggunaan media flash card. Metode yang dilakukan dalam kegiatan pengabdian kepada masyrakat ini melalui pelatihan ini ada dua tahap kegiatan yaitu teoritik dan praktis (Muhtadi, 2011; Tilaar, 1992). Dengan penggunaan media flash card, siswa SDN 104211 Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara semakin terlatih berbicara bahasa Inggris dan menguasai banyak kosakata bahasa Inggris yang ada di sekitar lingkungan mereka
PENERAPAN MODUL ELEKTRONIK (E-MODUL) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PADA SISWA KELAS X SMA SWASTA BINTANG TIMUR PEMATANG SIANTAR Jhon Putra Sijabat
Pengembangan Penelitian Pengabdian Jurnal Indonesia (P3JI) Vol. 1 No. 1 (2023): P3JI - FEBRUARI
Publisher : Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan e-modul dapat meningkatkan motivasi belajar ekonomi pada siswa kelas X IPS SMA Swasta RK Bintang Timur Pematangsiantar Tahun Ajaran 2020/2021. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X berjumlah 30 orang. Penelitian yang akan dilaksanakan adalah penelitian tindakan kelas. Adapun model yang akan dipakai adalah penelitian tindakan kelas model Kemmis & MC Taggart yang setiap siklusnya terdiri dari 4 langkah yaitu : perencanaan (plan), tindakan (act), pengamatan (observ), dan refleksi (reflect). Dari hasil pengolahan data penelitian diperoleh penggunaan e-modul dapat meningkatkan motivasi belajar ekonomi pada siswa kelas X IPS SMA Swasta Bintang Timur Pematangsiantar Tahun Ajaran 2020/2021. Pada pra siklus motivasi belajar bernilai 65 (predikat kurang), sedang pada siklus I bernilai 79,4 (predikat cukup) dan pada siklus II bernilai 85,1 (predikat baik) dengan indikator kinerja 82.
PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VI SD NEGERI 122345 PEMATANG SIANTAR Berliana Sitopu
Pengembangan Penelitian Pengabdian Jurnal Indonesia (P3JI) Vol. 1 No. 1 (2023): P3JI - FEBRUARI
Publisher : Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada Pengaruh Model Discovery Learning (DL) Terhadap Hasil Belajar Siswa Tema III Tokoh dan Penemuan Sub Tema I Penemu Yang Mengubah Dunia Pada Siswa Kelas VI SD Negeri 122345 Pematang Siantar TA 2022/2023. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan bentuk Pre-Experimental Design jenis One Group Pretest-postest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VI berjumlah 47 siswa dan sampelnya adalah kelas VI –B yang berjumlah 20 siswa. Dengan Pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive sampling. Uji normalitas dilakukan dengan menggunakan Kolmogorov-Smirnov dengan menggunakan SPSS 21, dengan kriteria jika hasil menujukkan bahwa nilai Sig > α = 0,05 maka data tersebut normalitas sebaliknya jika nilai Sig < α = 0,05. Berdasarkan hasil pretest 0,035> 0,05 dan pretest 0,200> 0,05 berarti dapat disimpulkan bahwa pretest dan posttes berdistribusi normal. Dari hasil pengujian Homogenitas dengan uji One Way ANOVA dengan menggunakan SPSS versi 21, diperoleh nilai Sig yaitu 0,394 > α = 0,05). Berdasarkan uji hipotesis dengan uji paired t-test terdapat hasil yaitu nilai sig < 0,05 ini menunjukkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima karena nilai sig 0,000 < α 0,05. Pengujian hipotesis tersebut dapat disimpulkan bahwa “Adanya pengaruh model pembelajaran model discovery learning terhadap hasil belajar siswa pada tema 3 tokoh dan penemuan subtema 1 penemu yang mengubah dunia kelas VI di SD Negeri 122345 Pematang Siantar T.A 2022/2023”
PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI 095130 SENIO BANGUN Chotiah Febiola Turnip
Pengembangan Penelitian Pengabdian Jurnal Indonesia (P3JI) Vol. 1 No. 1 (2023): P3JI - FEBRUARI
Publisher : Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap kelas V SD Negeri 095130. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan design penelitian pre-eksperimental bentuk one group pretest posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 095130 Senio Bangun dengan jumlah 24 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi dan tes (pretest dan posttest). Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, dan hipotesis. Pengajuan hipotesis penelitian ini adalah menggunakan uji paired sample test memperoleh hasil thitung = 82,540 > ttabel = 2,074. Melalui data yang diperoleh dapat diambil kesimpulan bahwa hipotesis penelitian diterima, artinya terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar tematik siswa kelas V SD Negeri 095130 Senio Bangun.
PENGARUH PENDEKATAN KONTEKSTUAL TERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK SISWA KELAS V SD 122345 PEMATANG SIANTAR Ayu Brigita Pardosi
Pengembangan Penelitian Pengabdian Jurnal Indonesia (P3JI) Vol. 1 No. 1 (2023): P3JI - FEBRUARI
Publisher : Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui Apakah terdapat pengaruh pendekatan kontekstual terhadap hasil belajar tematik subtema 1 Organ gerak hewan dikelas V SD 122345 Pematangsiantar T.A 2022/2023. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuantitatif eksperimen dengan rancangan penelitian one group pretest-posttest.Dalampenelitian ini populasinya adalah seluruh siswa kelas V SD 122345 Pematangsiantar dengan jumlah 33 Siswa. Sampel penelitian adalah kelas V A yang jumlah siswa nya yaitu 22 Siswa. Teknik pengambilan sampel pada penelitiaan ini ialah sampel purposive sampling, sedangkan teknik pengumpulan data pada penelitian ini berupa tes soal pilihan berganda. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenits, dan uji hipotesis. Hasil perhitungan dengan SPSS versi 22 menggunakan paired sample test memperoleh hasil diperoleh thitung = 15,2 > ttabel = 1,713 dan Sig. (2-tailed) = 0,000 < = 0,05. Dari hasil tersebut terlihat H0 ditolak itu artinya terdapat pengaruh penggunaan pendekatan kontekstual terhadap hasil belajar tematik siswa kelas V SD Negeri 122345 Pematangsiantar
HUBUNGAN KEPEDULIAN ORANG TUA DENGAN PERILAKU BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI 122345 PEMATANG SIANTAR Bella Teressa Pasaribu
Pengembangan Penelitian Pengabdian Jurnal Indonesia (P3JI) Vol. 1 No. 1 (2023): P3JI - FEBRUARI
Publisher : Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan kepedulian orang tua dan perilaku belajar siswa kelas V SDN 122345 di Pematangsiantar tahun ajaran 2022/2023.Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian korelasional. Dalam penelitian ini populasinya adalah seluruh anak kelas V SD 122345 Pematangsiantar dengan jumlah 33 Siswa. Sampel penelitian adalah kelas V A yang jumlah siswanya yaitu 22 orang Siswa. Teknik pengambilan sampel pada penelitiaan ini ialah sampel kuota sampling, sedangkan teknik pengumpulan data pada penelitian ini berupa angket dengan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif, analisis korelasi, dan uji hipotesis F. Hasil perhitungan yang menunjukkan bahwa adanya hubungan antara kepedulian orang tua terhadap perilaku belajar siswa melalui nilai uji F diperoleh nilai Fhitung adalah 5,35 dengan nilai signifikan 0,027. Sedangkan Fhitung> Ftabel yang nilai Ftabel adalah 2,52 maka 5,35 > 2,2 dengan demikian dapat diperoleh keputusan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak artinya terdapat hubungan signifikan terhadap variabel x (kepedulian orang tua) secara simultan terhadap variabel y (perilaku belajar).
THE INFLUENCE OF LEARNING DISCIPLINE ON STUDENTS' LEARNING OUTCOMES IN CLASS V OF STATE ELEMENTARY SCHOOL 091523 Nurmala Simanjuntak; Osco Parmonangan Sijabat; Jumaria Sirait
Pengembangan Penelitian Pengabdian Jurnal Indonesia (P3JI) Vol. 1 No. 2 (2023): P3JI - MEI
Publisher : Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan secara mendalam terkait disiplin belajar merupakan sikap mental yang tercermin dalam perbuatan atau perilaku individu, kelompok atau masyarakat berupa ketaatan terhadap aturan yang telah ditetapkan oleh etika, norma dan aturan yang berlaku dalam masyarakat untuk tujuan tertentu. . Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh disiplin belajar terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri 091523 Pardamean Negeri Asih Kabupaten Simalungun. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah metode angket (kuesioner), metode dokumentasi, observasi atau observasi. Metode angket digunakan untuk memperoleh informasi dari responden, jenis angket bersifat tidak langsung dan tertutup yaitu jenis angket yang telah memberikan jawaban. Teknik analisis data menggunakan Chi Square. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa diperoleh nilai koefisien kontinjensi sebesar 16,91 setelah dibandingkan dengan tabel product moment, kemudian lebih besar dari tabel “r” pada taraf signifikan 5% (9,488). Sehingga hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (Ho) ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan disiplin belajar terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri 091523 Pardamean Negeri Asih Kabupaten Simalungun tahun ajaran 2022/2023.
THE INFLUENCE OF TEACHER COMMUNICATION SKILLS IN THE TEACHING AND LEARNING PROCESS ON SOCIAL STUDIES LEARNING OUTCOMES OF CLASS V STUDENTS OF THE SIMALUNGUN STATE SPECIAL SCHOOL (SLB) Masri Pasaribu; Osco Parmonangan Sijabat; Lisbet Novianti Sihombing
Pengembangan Penelitian Pengabdian Jurnal Indonesia (P3JI) Vol. 1 No. 2 (2023): P3JI - MEI
Publisher : Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh keterampilan komunikasi guru terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Simalungun Tahun Pelajaran 2022/2023. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah keterampilan komunikasi guru (X) dan hasil belajar IPS (Y). Penelitian ini menggunakan SPSS Versi 21.0 untuk menganalisis uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji linieritas, uji analisis regresi linier sederhana dan uji koefisien determinasi. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V yang berjumlah 23 orang. Berdasarkan hasil pengujian menunjukkan bahwa uji determinasi R2 sebesar 0,074 atau 7,4% dan sisanya 92,6% dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian ini. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara keterampilan komunikasi guru dalam proses belajar mengajar terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SLB Negeri Simalungun Tahun Pelajaran 2022/2023.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK SISWA KELAS V SD NEGERI 124398 PEMATANG SIANTAR Boy Jexon Panahatan Sitinjak
Pengembangan Penelitian Pengabdian Jurnal Indonesia (P3JI) Vol. 1 No. 2 (2023): P3JI - MEI
Publisher : Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui perbedaan yang signifikan antara kemampuan hasil belajar siswa sebelum menggunakan model Reciprocal Teaching dengan sesudah digunakannya model Reciprocal Teaching. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen dengan design penelitian pre-eksperimental bentuk one group pretest posttest design.Dalam penelitian ini populasi adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 124398 Pematang Siantar, dengan jumlah 30 siswa.Sampel penelitian uji coba instrumen adalah kelas V SD Negeri 124398 Pematang Siantar yang berjumlah 30 orang siswa.Hasil rata-rata pretest adalah 62,93 setelah pretest dilakukan, kemudian diberikan perlakuan berupa penerapan model Reciprocal Teaching untuk meningkatkan hasil belajar siswa, selama melakukan treatment (perlakuan) terjadi suatu peningkatan yang terlihat dari hasil posttest yang mana rata-ratanya yaitu 83,47. Hasil yang diperoleh dari uji-t menggunakan paired sample test diperoleh bahwa thitung = -10,271 ≤ ttabel =1,545 dan Sig. (2-tailed) = 0,000 ≤ 0,05. Dari hasil tersebut terlihat Ha diterima itu artinya terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran Reciprocal Teaching terhadap hasil belajar tematik siswa kelas V SD Negeri 124398 Pematang Siantar.

Page 1 of 16 | Total Record : 157