Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap kelas V SD Negeri 095130. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan design penelitian pre-eksperimental bentuk one group pretest posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 095130 Senio Bangun dengan jumlah 24 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi dan tes (pretest dan posttest). Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, dan hipotesis. Pengajuan hipotesis penelitian ini adalah menggunakan uji paired sample test memperoleh hasil thitung = 82,540 > ttabel = 2,074. Melalui data yang diperoleh dapat diambil kesimpulan bahwa hipotesis penelitian diterima, artinya terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar tematik siswa kelas V SD Negeri 095130 Senio Bangun.
Copyrights © 2023