Pengembangan Penelitian Pengabdian Jurnal Indonesia (P3JI)
Vol. 1 No. 1 (2023): P3JI - FEBRUARI

PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI 095130 SENIO BANGUN

Chotiah Febiola Turnip (Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap kelas V SD Negeri 095130. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan design penelitian pre-eksperimental bentuk one group pretest posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 095130 Senio Bangun dengan jumlah 24 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi dan tes (pretest dan posttest). Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, dan hipotesis. Pengajuan hipotesis penelitian ini adalah menggunakan uji paired sample test memperoleh hasil thitung = 82,540 > ttabel = 2,074. Melalui data yang diperoleh dapat diambil kesimpulan bahwa hipotesis penelitian diterima, artinya terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar tematik siswa kelas V SD Negeri 095130 Senio Bangun.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

p3ji

Publisher

Subject

Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Languange, Linguistic, Communication & Media Materials Science & Nanotechnology Social Sciences Other

Description

Pengembangan Penelitian Pengabdian Jurnal Indonesia (P3JI) adalah jurnal yang memuat artikel-artikel terkait penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dari berbagai disiplin ilmu dalam bidang pendidikan, sains dan teknologi, kemasyarakatan, entrepreneurship, serta kebijakan manajemen yang diadopsi ...