Jurnal Pendidikan Dasar dan Keguruan
Vol 6 No 1 (2021): Jurnal Pendidikan Dasar dan Keguruan

DESAIN MODEL PEMBELAJARAN TERBUKA DENGAN SISTEM PENDIDIKAN JARAK JAUH (ONLINE) MENURUT BATES DI MASA PENDEMIC COVID-19

Irwin Hidayat (IAIM Sinjai)
Murtina (UPT SMAN 5 Sinjai)
Nurul Hasanah A (Institut Agama Islam Muhammadiyah Sinjai)
Mutiatul Rahma (Institut Agama Islam Muhammadiyah Sinjai)



Article Info

Publish Date
29 Jun 2021

Abstract

Literatur ini di buat dengan tujuan untuk untuk menelaah masalah pendidikan di masa pandemi berdasarkan desain model pembelajaran online menurut Bates. Metode penulisan dilakukan dengan pencarian literatur menggunakan kata kunci "pembelajaran terbuka" DAN "pendidikan di masa pandemi" ATAU "model pembelajaran menurut Bates" pada mesin pencarian google cendekia. Didapatkan hasil berupa artikel-artikel ilmiah serta buku baik bereputasi nasional maupun internasional. Hasil penulisan menunjukkan masalah pendidikan Indonesia dimasa pandemi yaitu perubahan metode pembelajaran menjadi model pembelajaran e-learning yang menunjukkan begitu banyak keterbatasan, baik dari sisi pendidik, peserta didik, maupun fasilitas pendukung pembelajaran. Hal ini menuntut terjadinya inovasi pendidikan agar tujuan pembelajaran dapat tercapai secara optimal. Analisis pembelajaran yang sesuai dengan pembelajaran e-learning adalah desain pembelajaran menurut Bates, yang disebut juga sebagai model pembelajaran terbuka. Model pembelajaran terbuka adalah sebuah system pendidikan jarak jauh atau online. Adapun hal yang melatar belakanginya adalah karena ada beberapa hambatan, antara lain lokasi yang tidak geografis, minimnya waktu untuk melakukan pembelajaran seperti pada umumnya, terhambat oleh ekonomi maupun usia. Maka desain pembelajaran seperti ini memberikan alternatif untuk menghilangkan semua hambatan-hambatan untuk tetap belajar. Hal ini juga sesuai dengan model pembelajran e-learning yang merupakan respon dunia pendidikan dalam menyikapi perubahan tersebut.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JPDK

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan Dasar dan Keguruan adalah jurnal peer review yang fokus pada kajian kritis tentang pendidikan dasar, dan dinamika pembelajaran ditingkat Sekolah Dasar (SD)/Madrasah Ibtidaiyah (MI). Selain itu, mengkaji masalah perkembangan pendidikan dasar ...