Era digital ini menuntut guru harus inovatif dan kreatif dalam pembelajaran. Salah satu aplikasi yang digunakan guru SMPN 12 Sinjai dalam pembelajaran adalah office 365. Selain itu, guru matematika mengintegrasikan office 365 dengan aplikasi kahoot. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan integrasi pemanfaatan aplikasi microsoft office 365 dengan kahoot pada pembelajaran matematika materi bangun ruang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskripsi dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian terdiri dari guru dan empat orang siswa SMPN 12 Sinjai kelas VIII. Pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi, lembar wawancara dan dokumentasi. Lembar observasi digunakan untuk mengamati proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru, lembar wawancara digunakan untuk mengetahui secara mendalam tentang pemanfaatan microsoft office 365 yang diintegrasikan dengan kahoot sedangkan dokumentasi digunakan untuk mendokumentasikan proses pembelajaran dan lembar kerja siswa dalam pembelajaran matematika. Analisis data pada penelitian ini adalah proses reduksi data, penyajian data dan penerikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah integrasi fitur microsoft office 365 form dengan platform kahoot dapat memberikan manfaat tambahan dalam pengalaman pembelajaran interaktif di kelas yaitu meningkatkan keterlibatan siswa, memperkaya pengalaman pembelajaran, pengukuran kinerja dan pemahaman, efisiensi administrasi, dan peningkatan kolaborasi.
Copyrights © 2024