Didaktika: Jurnal Kependidikan
Vol. 13 No. 1 (2024): DIDAKTIKA Februari 2024

Studi Komparasi Kecerdasan Spiritual Siswa Ditinjau dari Perbedaan Kelas IPA dan IPS

Fikri Amil Muttaqin (UIN Kiai Haji Achmad Siddiq, Jember)
Sofyan Tsauri (UIN Kiai Haji Achmad Siddiq, Jember)
Mustajab (UIN Kiai Haji Achmad Siddiq, Jember)



Article Info

Publish Date
29 Feb 2024

Abstract

Urgensi kecerdasan spiritual yang terdapat pada diri siswa menjadi salah satu tolak ukur tingkat keberhasilan pendidikan nasional sehingga dianggap perlu untuk dapat mengukur tingkat kecerdasan tersebut dapat melihat perbedaannya yang terdapat pada kelas yang berbeda, menginat dewasa kini perilaku manusia juga dapat dipengaruhi oleh perkembangan teknologi yang semakin pesat sehingga moral peserta didik perlu untuk digaja sehingga terhindar dari berbagai hal negatif. Tujuan penelitian yakni untuk mengetahui perbedaan kecerdasan spiritual siswa kelas X yang terjadi antara kelas pembelajaran IPA dan IPS. Penelitian ini merupakan jenis penelitian komparatif dengan metode kuantitatif sebagai upaya untuk dapat memperoleh data yang berupa angka dan selanjutnya dianalisa secara statistik berdasarkan filsafat positivism. Populasi dalam penelitian ini yaitu 3 kelas Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) berjumlah 103 siswa dan kelas Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) berjumlah 104 siswa, yang selanjunya memperoleh 70 sampel penelitian melalui teknik purposif sampling yang terbagi masing-masing 35 siswa antara kelas IPA dan IPS dalam sampel penelitian. Pengambilan data dalam penelian ini menggunakan teknik penyebaran kuesioner (angket) yang disebarkan secara tertutup terhadap siswa yang berisikan berbagai pernyataan yang selanjutnya diisi oleh para siswa sebagai responden serta dokumentasi yang merupakan pencarian data terkait dengan berbagai variabel tertulis yang berupa catatan, buku dan lembar penilaian siswa. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan analisis infrensial yang terdiri dari uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kecerdasan spiritual siswa dalam kelas IPA dan IPS yang dibuktikan dengan perolehan nilai pengujian hipotesis menggunakan uji beda independent sample z-test dengan total nilai Asymp sig (tailed) sejumlah 0,047 dan lebih kecil dari nilai taraf signifikasi yang berjumlah 0,05 sehingga perihal tersebut dapat diasumsikan jika kecerdasan spiritual siswa pada kelas IPA dan IPS berbeda secara signifikan

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

contents

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Material Development Testing, Assessment, & Evaluation Teacher Professional Development Learning Activities Education Policy Learning Facilities & ...