Didaktika: Jurnal Kependidikan
Vol. 13 No. 2 (2024): Didaktika Mei 2024

Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Berbasis Al-Islam Kemuhammadiyahan di Sekolah Menengah Atas Muhammadiyah 2 Surakarta

Kunti Innayah Sabarniati (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Istanto (Universitas Muhammadiyah Surakarta)



Article Info

Publish Date
14 Apr 2024

Abstract

Salah satu penerapan Kurikulum Merdeka yaitu mengadakan pembelajaran berbasis proyek, yang dimana pembelajaran tersebut bertujuan untuk menanamkan karakter pancasila kepada peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Berbasis Al-Islam Kemuhammadiyahan di SMA Muhammadiyah 2 Surakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian ini yaitu koordinator pelaksanaan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan peserta didik SMA Muhammadiyah 2 Surakarta. Dalam mengumpulkan data peneliti melaksanakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun hasil dari yang peneliti laksanakan yaitu SMA Muhammadiyah 2 Surakarta menerapkan kurikulum merdeka, dan merupakan sekolah penggerak. Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila diawali dengan tahap perencanaan, pelaksanaan, dan juga evaluasi. Semua warga sekolah yang terdiri dari peserta didik, wali murid, serta seluruh warga sekolah sangat antusias dalam mengikuti kegiatan P5. Kegiatan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila ini terdapat tiga tema yaitu “gaya hidup berkelanjutan”, “kearifan lokal”, dan “suara demokrasi”. Terdapat nilai-nilai yang dapat diambil setelah adanya Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila mulai dari gotong royong, kemandirian, kerjasama, serta meningkatnya partisipasi peserta didik terhadap kegiatan di sekolah. Selain itu juga dapat memberikan nilai-nilai yang positif yang sejalan dengan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan sehingga peserta peserta didik dapat menerapkan nilai kesabaran, keadilan, kejujuran, tanggung jawab dalam aktivitas kesehariannya.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

contents

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Material Development Testing, Assessment, & Evaluation Teacher Professional Development Learning Activities Education Policy Learning Facilities & ...