Didaktika: Jurnal Kependidikan
Vol. 13 No. 2 (2024): Didaktika Mei 2024

Pengembangan Media Interaktif Augmented Reality Berbasis Smartphone untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Anak Usia Dini

Risky Diya Amalia Rais (Universitas Negeri Makassar)
Abdul Saman (Universitas Negeri Makassar)
Herman (Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
02 May 2024

Abstract

Kegiatan literasi khususnya pengenalan huruf pada anak usia dini merupakan kegiatan yang penting untuk dilakukan. Penelitian ini merupakan penelitian R&D dengan tujuan untuk 1) mengetahui gambaran kebutuhan media interaktif augmented reality berbasis smartphone yang dapat meningkatkan literasi pada anak usia dini, 2) mengetahui rancangan pengembangan media interaktif augmented reality yang dapat meningkatkan literasi pada anak usia dini, 3) mengetahui kevalidan dan kepraktisan media interaktif augmented reality untuk meningkatkan literasi pada anak usia dini, dan 4) mengetahui efektivitas media interaktif augmented reality untuk meningkatkan literasi pada anak usia dini. Desain penelitian ini menggunakan model 4D (define, design, develop, dan disseminate). Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan angket. Subjek dalam penelitian ini terdiri atas 7 orang guru dan 51 peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) gambaran kebutuhan awal pengembangan media interaktif augmented reality berbasis smartphone diperoleh hasil bahwa rendahnya kemampuan awal anak dalam mengenali huruf, dan guru membutuhkan media augmented reality sebagai alternatif media pembelajaran yang dapat menarik minat anak untuk pengenalan huruf, 2) rancangan pengembangan media interaktif augmented reality didesain dengan beberapa tahapan yakni: analisis kebutuhan media, pembuatan media interaktif augmented reality, penyusunan buku panduan penggunaan media, angket respon guru, dan lembar observasi penilaian kemampuan literasi anak usia dini. 3) tingkat kevalidan diperoleh hasil sebesar 3,6 dengan kategori sangat valid, dan tingkat kepraktisan diperoleh hasil sebesar 91,98% dengan kriteria sangat praktis. 4) efektivitas media interaktif augmented reality dianalisis dengan uji t diperoleh hasil p value 0.000 < 0.05, artinya media interaktif augmented reality efektif dalam meningkatkan kemampuan literasi anak usia dini.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

contents

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Material Development Testing, Assessment, & Evaluation Teacher Professional Development Learning Activities Education Policy Learning Facilities & ...