Didaktika: Jurnal Kependidikan
Vol. 13 No. 2 (2024): Didaktika Mei 2024

Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menanamkan Nilai-Nilai Karakter Islami di SMA Muhammadiyah PK Kotta Barat Surakarta

Zulfikar Nur Akbar (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Mohammad Zakki Azani (Universitas Muhammadiyah Surakarta)



Article Info

Publish Date
11 May 2024

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui terkait penanaman nilai karakter berdasarkan Pendidikan Al-Islam dan Kemuhammadiyyahan di sekolah Muhammadiyah. Penggunaan metode pada penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Objek yang digunakan di SMA Muhammadiyah PK Kotta Barat. Dengan Subjek penelitian siswa kelas 11 dan Guru PAI SMA Muhammadiyyah PK Kotta Barat Surakarta. Pengumpulan data yang digunakan adalah Teknik observasi dan dokumentasi. Dari kedua Teknik tersebut untuk mengecek keabsahan data dan dan informasi penelitian. Hail Penelitian ini menyatakan bahwa peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam menanamkan nilai-nilai karakter Islami di SMA Muhammadiyah PK Kotta Barat Surakarta adalah yaitu mengetahui peran Guru PAI sebagai pembimbing, guru PAI sebagai pendidik, Guru PAI sebagai motivator, Guru PAI sebagai evaluator dan Guru PAI sebagai teladan, serta dapat mengidentifikasi faktor penghambat Guru PAI dalam menanamkan nilai-nilai karakter Islami adalah perbedaan latar belakang mereka yang juga berimplikasi pada tingkat keimanan yang beragam, kurangnya minat siswa untuk berpartisipasi dalam aktivitas keagamaan, lingkungan sekolah yang dapat mempengaruhi tingkat partisipasi siswa dalam aktivitas tersebut, dan yang terakhir fasilitas dan sarana sekolah yang masih kurang memadai di lingkungan sekolah. Guru Pendidikan Agama Islam secara konsisten berperan dalam memberikan dorongan kepada siswa untuk menerima dan mempraktikkan nilai-nilai karakter Islami. Guru Pendidikan Agama Islam melakukan pembinaan dengan menerapkan kebiasaan seperti senyum, sapaan, salam, sikap sopan, santun, membaca doa dan Asmaul Husna sebelum dan setelah pembelajaran, serta melaksanakan shalat dzuhur berjamaah, kegiatan muhadhoroh, dan sholawat Nabi.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

contents

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Material Development Testing, Assessment, & Evaluation Teacher Professional Development Learning Activities Education Policy Learning Facilities & ...