Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model kepemimpinan kepala sekolah dan teknik supervisi yang digunakan dalam meningkatkan kinerja guru di SMK Negeri Kota Palopo serta menganalisis implikasi dari kepemimpinan Kepala Sekolah di SMK Negeri Palopo. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif analitis dengan pengumpulan data melalui observasi partisipan, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model kepemimpinan demokratis, manajerial, dan kolaboratif yang diterapkan oleh kepala sekolah sangat efektif dalam meningkatkan kinerja guru. Kegiatan supervisi/observasi juga memiliki peran yang signifikan dalam meningkatkan kinerja guru. Implikasi dari kepemimpinan kepala sekolah di SMK Negeri Kota Palopo menunjukkan perubahan signifikan dalam kinerja dan produktivitas guru, yang didukung oleh komunikasi yang terbuka, pembinaan, dan disiplin. Penelitian ini merekomendasikan pengembangan model kepemimpinan yang efektif, penguatan kegiatan supervisi, dan pengembangan profesionalisme guru sebagai langkah penting untuk meningkatkan kinerja guru di sekolah.
Copyrights © 2024