Didaktika: Jurnal Kependidikan
Vol. 13 No. 2 (2024): Didaktika Mei 2024

Pengembangan LKPD Berbasis Game Untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Siswa Kelas III Sekolah Dasar

Ayu Ramadhani (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan)
Aufa Aufa (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan)



Article Info

Publish Date
31 May 2024

Abstract

Penelitian dan pengembangan LKPD berbasis game ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas III SD di Yayasan Qothrun Nada. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengembangkan bahan ajar berupa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Game Pada Materi Keadaan Cuaca yang digunakan dalam LKPD. Peneltian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan model Analyze, Design, Development, Implementation and Evaluation (ADDIE). Data penelitian dihimpun menggunakan angket validasi ahli desain, materi, soal, angket guru dan siswa. Serta hasil belajar siswa setelah menggunakan LKPD. Hasil penilaian oleh ahli materi diperoleh 94,44 (kategori sangat valid), penilaian oleh ahli media di peroleh 93,33 (kategori sangat valid) sedangkan penilaian instrumen soal dieproleh 93,33 (kategori sangat valid). Penilaian oleh siswa memperoleh nilai rata-rata sebesar 99,15 (kategori sangat baik), penilaian oleh guru di peroleh rata-rata 93,33 (kategori sangat baik). Penggunaan produk LKPD hasil pengembangan dalam proses pembelajaran menunjukkan adanya peningkatan rata-rata hasil belajar yang signifikan dari 37,27 menjadi 87,27 (selisih sebesar 50). Media pembelajaran cetak LKPD dinyatakan layak digunakan dalam pembelajaran. Peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa tidak terlepas dari penggunaan bahan ajar yang digunakan. LKPD berbasis game ini dapat membantu siswa agar lebih tertarik dengan pembelajaran sehingga dapat menstimulus kemampuan berpikir kritis siswa

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

contents

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Material Development Testing, Assessment, & Evaluation Teacher Professional Development Learning Activities Education Policy Learning Facilities & ...