Jurnal Pendidikan dan Penelitian Serumpun Mendidik
Vol. 1 No. 2, Juli (2024): Jurnal Pendidikan dan Penelitian Serumpun Mendidik

ANALISIS MINAT BELAJAR SISWA MELALUI PENATAAN DENAH TEMPAT DUDUK

Qiqi Alawiyah, Ajeng Muliasari , Nurul Ilma, Jihan Nurathifah, Risma Rahmayanti, Mala Awaliah, Sulis (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Jul 2024

Abstract

ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui minat belajar siswa dalam penataan denah tempat duduk siswa berbentuk letter U dan segitiga ditengah. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu menggunakan metode Kualitatif Deskripti dengan mengikuti langkah-langkah metode yaitu: 1)Rancangan penelitian. 2)Populasi dan sampel, 3)Teknik pengmpulan data dan 4)Teknik analisis data. Adapun hasil yang didapatkan dari respon siswa terkait penataan denah tempat duduk siswa dalam upaya meningkatkan minat belajar siswa yaitu aspek antusias mendapatkan persentase sebesar 7%, aspek perhatian sebesar 24%, aspek keaktifan 32% dan aspek kefokusan sebesar 37%. Yang melatar belakangi aspek antusias mendapatkan persentase paling rendah, karena adanya karakter guru yang tegas di SDN Pasirhuni yang menjadikan siswa memberikan respon antusias menjadi aspek terendah. Namun, dengan penataan denah tempat duduk ini dapat dikatakan berhasil karena aspek perhatian, keaktifan dan kefokusan mendapatkan persentase yang signifikan yang menjadikan minat siswa dalam belajar menjadi meningkat.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

sm

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Penelitian Serumpun Mendidik (SM) merupakan jurnal yang diterbitkan oleh Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Syekh Manshur. Jurnal ini dapat dijadikan sebagai wadah publikasi ilmiah bagi dosen, guru, mahasiswa, dan peneliti pada semua bidang ilmu pendidikan. ...