DISCOURSE : Indonesian Journal of Social Studies and Education
Vol. 1 No. 1 (2023): November

TRANSFORMASI POLITISI MILENIAL (STRATEGI ANGGOTA DPRD MILENIAL DALAM MERAIH DUKUNGAN POLITIK PADA PEMILIHAN ANGGOTA LEGISLATIF KOTA BAUBAU TAHUN 2019)

Arief Budianto Gavoer (Universitas Muslim Buton)



Article Info

Publish Date
10 Nov 2023

Abstract

Artikel ini menganalisis strategi anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) generasi milenial dalam memperoleh dukungan pada Pemilihan Anggota Legislatif (PILEG) Kota Baubau tahun 2019. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi kasus dengan data yang diperoleh melalui wawancara mendalam dengan anggota DPRD generasi milenial yang terlibat dalam PILEG tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa anggota DPRD generasi milenial menggunakan strategi inovatif dalam memperoleh dukungan masyarakat. Mereka memanfaatkan media sosial sebagai alat komunikasi utama untuk menyebarkan pesan kampanye mereka. Dengan keterampilan teknologi yang dimiliki, mereka menciptakan konten menarik seperti video kampanye, infografis, dan live streaming untuk menjangkau audiens yang lebih luas. Selain itu, mereka juga melakukan interaksi langsung dengan pemilih melalui pertemuan tatap muka kampanye jalanan, dan diskusi publik. Anggota DPRD generasi milenial juga berusaha membangun citra yang dekat dengan pemilih muda melalui partisipasi aktif dalam kegiatan pemuda dan advokasi isu-isu yang relevan bagi generasi muda. Strategi ini terbukti efektif dalam membangun koneksi emosional dengan pemilih, meningkatkan partisipasi pemilih muda, dan memperoleh dukungan yang signifikan dalam PILEG Kota Baubau tahun 2019. Penelitian ini memberikan wawasan tentang pentingnya adaptasi strategi kampanye untuk generasi milenial dan pemanfaatan teknologi dalam meraih dukungan politik di era modern

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

djosse

Publisher

Subject

Humanities Social Sciences Other

Description

DISCOURSE : Indonesian Journal of Social Studies and Education is a blind peer-reviewed journal dedicated to the publication of quality research results in the empirical research field of Social Studies and Education. This journal provides direct open access to its content on the principle that ...