Al-Qalam: Jurnal Kajian Islam Dan Pendidikan
Vol 8 No 2 (2016): Volume 8 Nomor 2 Desember 2016

TANTANGAN BUDAYA GLOBAL DAN PERANAN GURU DALAM KURIKULUM 2013

Pagga Pagga (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Apr 2020

Abstract

Kurikulum 2013 memiliki content yang mengintegrasikan pembelajaran dengan realitas peserta didik dalam artian mengubah penguasaan teori menjadi aksi nyata. Komponen pembelajaran menekankan pembentukan sikap, keterampilan, pengetahuan. Semua mata pelajaran diajarkan dengan pendekatan saintific dan penilaian otentik melalui mengamati, mencoba, menanya dan menalar, serta mengkomunikasikan. Isu dan problem sentral guru dalam kurikulum 2013 ini tidak lain peranannya yang harus optimal. Nampaknya butuh pencermatan tentang substansi pendidikan dalam kurikulum sebab dari sanalah kita dapat menilai potensi yang harus dioptimalkan. Budaya global membuat perubahan dalam pendidikan secara simultan seperti perubahan sistem dan tujuan pendidikan, teknis pembelajaran dan perubahan substansi pendidikan.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

al-qalam

Publisher

Subject

Religion Other

Description

Al-Qalam: Jurnal Kajian Islam dan Pendidikan merupakan jurnal peer-reviewed open-access yang didirikan untuk menyebarluaskan pengetahuan mutakhir di bidang kajian islam dan pendidikan islam. Para editor pada akan meninjau semua naskah yang dikirimkan yang kemudian dievaluasi oleh minimal dua ...