Al-Qalam: Jurnal Kajian Islam Dan Pendidikan
Vol 11 No 2 (2019): Volume 11 Nomor 02 Desember 2019

GURU SEBAGAI JABATAN KARIR DAN PROFESIONAL

Suriyati Suriyati (IAIM SINJAI)



Article Info

Publish Date
28 Dec 2019

Abstract

Guru sebagai tenaga kependidikan yang penuh dengan kesungguhan dalammelaksanakan tugasnya. Juga ada konsekuensinya yang mengatakan bahwakebethasilan dalam proses belajar mengajar, sebgian besar ditentukan oleh factorguru. Guru adalah sebagai salah seorang unsur tenaga kependidikan dan sumberdaya pendidikan sekaligus sebagai sumber belajar yang utama. Sehingga gurudalam meniti karinya harus dapat berperan aktif sebagai tenaga edukatif yangprofessional yang sesuai dengan tuntutan dan kebutuhan masyarakat. Darimasalah pokok diatas, maka penulis akan mencoba menjabarkan dalam dalamdua sub masalah, sebagai berikut : Bagaimana sosok guru yang menjalankantugas dan karirnya secara professional dan Bagaimana upaya peningkatankualitas guru. Adapaun metode yang digunakan adalah penelitian kepustakaan(library research). Metode ini digunakan dengan cara membaca, mengkajiliterature yang memuat berbagai informasi ilmiah yang ada kaitannya denganmasalah-masalah yang akan diteliti. sosok guru yang menjalankan tugas dankarirnya secara professional adalah seorang guru yang menjadi pendidiksekaligus menjadi pembimbing. Guru yang berfungsi sebagai pendidik danpengajar seringkali akan melakukan pekerjaan bimbingan seperti bimbinganbelajar, bimbingan tentang sesuatu keterampilan dan sebagainya. Jadi secarakonkrit dapat dipahami bahwa dalam proses pendidikan kegiatan mendidik,mengajar dan membimbing sebagai yang tidak dapat dipisah-pisahkankan antarasatu dengan yang lainya.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

al-qalam

Publisher

Subject

Religion Other

Description

Al-Qalam: Jurnal Kajian Islam dan Pendidikan merupakan jurnal peer-reviewed open-access yang didirikan untuk menyebarluaskan pengetahuan mutakhir di bidang kajian islam dan pendidikan islam. Para editor pada akan meninjau semua naskah yang dikirimkan yang kemudian dievaluasi oleh minimal dua ...