Al-Qalam: Jurnal Kajian Islam Dan Pendidikan
Vol 12 No 2 (2020): Volume 12 Nomor 2 Desember 2020

UPAYA PENINGKATAN KOMPETENSI GURU NON PNS DALAM MENYUSUN PERANGKAT PEMBELAJARAN MELALUI SUPAK YANG BERKELANJUTAN DI SMAN 3 SIDRAP

Muhammad Alimin (MKPS Kab. Sidrap Dinas Pendidikan Prov. Sulawesi Selatan)



Article Info

Publish Date
04 Jan 2021

Abstract

Seorang guru yang kebingungan atau Copy-paste dalam membuat perangkat pembelajaran akan berdampak pada kegagalan proses pembelajaran dan menghambat pula peningkatan mutu sekolah itu sendiri, sehingga upaya untuk meningkatkan kompetensi guru non PNS dalam menyusun perangkat pembelajaran menjadi fokus dalam penelitian ini. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan sekolah (School Action Research), karena penelitian dilakukan untuk memecahkan masalah proses pembelajaran di sekolah. Dengan hasil penelitian Pada pra siklus ini di hasilkan skor rata-rata 7,62, artinya Kompetensi guru non PNS dalam menyusun perangkat pembelajaran kurang baik, maka perlu di lanjutkan siklus I. Pada siklus I , dari hasil observasi adalah 15,62 dengan kriteria Skor maksimal tiap guru: 3X 7= 21, yang berarti kompetensi guru non PNS dalam menyusun perangkat pembelajaran cukup baik. Pada siklus II ini, dari hasil observasi adalah 20 dengan kriteria Skor maksimal tiap guru: 3X 7= 21, yang berarti Kompetensi guru non PNS dalam menyusun perangkat pembelajaran sudah sangat baik. Pada siklus I dan II ini, guru sudah mampu menyusun silabus, Guru membuat RPP, guru membuat Prota, guru membuat Promes, guru melampirkan kalender pendidikan, guru membuat buku jurnal dan guru membuat instrument penilaian.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

al-qalam

Publisher

Subject

Religion Other

Description

Al-Qalam: Jurnal Kajian Islam dan Pendidikan merupakan jurnal peer-reviewed open-access yang didirikan untuk menyebarluaskan pengetahuan mutakhir di bidang kajian islam dan pendidikan islam. Para editor pada akan meninjau semua naskah yang dikirimkan yang kemudian dievaluasi oleh minimal dua ...