Al-Qalam: Jurnal Kajian Islam Dan Pendidikan
Vol 14 No 2 (2022): Volume 14 Nomor 2 Desember 2022

Upaya Guru Memanfaatkan Pojok Baca Dalam Menumbuhkan Minat Baca Siswa

Sukriadi (Universitas Mulawarman Samarinda)
Rehana Emilia Maulida (Universitas Mulawarman Samarinda)
Muhlis (Universitas Mulawarman Samarinda)
Andi Asrafiani Arafah (Universitas Mulawarman Samarinda)



Article Info

Publish Date
12 Dec 2022

Abstract

Penelitian dilakukan berdasarkan oleh beberapa siswa kelas II yang masih memiliki kesulitan dalam membaca. Salah satu fasilitas yang mendukung kegiatan membaca adalah pojok baca. Tujuan penelitian untuk mengetahui upaya guru mengelola dan memanfaatkan pojok baca dalam menumbuhkan minat baca siswa dan mengetahui minat baca siswa setelah memanfaatkan pojok baca. Jenis penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Pengumpulan data peneltiian berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian yaitu guru kelas II SD Negeri 021 Sungai Kunjang Samarinda, siswa kelas II SD Negeri 021 Sungai Kunjang, dan kepala sekolah SD Negeri 021 dan objek dari penelitian ini adalah pojok baca kelas II. Berdasarkan hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa: (1) Upaya guru dalam mengelola pojok baca dengan menjalankan asas manajemen meliputi perencanaan pojok baca, pengorganisasian pojok baca, pelaksanaan pojok baca. (2) Upaya guru dalam memanfaatkan pojok baca untuk menumbuhkan minat baca siswa kelas II dengan beberapa cara yaitu guru membaca nyaring, siswa membaca berkelompok, mendiskusikan bacaan, siswa membaca nyaring, memberikan hadiah, dan menyediakan waktu membaca. (3) Dampak pojok baca pada minat baca siswa kelas II SD Negeri 021 Sungai Kunjang ialah memberikan kontribusi dalam meningkatkan minat baca siswa.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

al-qalam

Publisher

Subject

Religion Other

Description

Al-Qalam: Jurnal Kajian Islam dan Pendidikan merupakan jurnal peer-reviewed open-access yang didirikan untuk menyebarluaskan pengetahuan mutakhir di bidang kajian islam dan pendidikan islam. Para editor pada akan meninjau semua naskah yang dikirimkan yang kemudian dievaluasi oleh minimal dua ...