Penelitian ini berjudul Perencanaan Kebutuhan Sarana dan Prasarana Pendidikan di MTs SA Assanadiyah Palembang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriftif kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Informan penelitian dalam penelitian ini yaitu kepala madrasah, waka sapras, guru dan staf tata usaha. Teknik yang digunakan dalam analisis data kualitatif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan selanjutnya dilakukan penarikan kesimpulan/verifikasi. Adapun triangulasi dalam penelitian ini yaitu menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan triangulasi waktu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwasanya perencanaan kebutuhan sarana dan prasarana pendidikan di MTs SA Assanadiyah cukup baik melalui beberapa indikator, yaitu identifikasi dan analisi kebutuhan sekolah, menginventarisasi sarana dan prasarana yang ada, mengadakan seleksi, dan sumber anggaran/dana. Selanjutnya upaya yang dilakukan dalam perencanaan kebutuhan sarana dan prasarana pendidikan yaitu dengan membuat kebijakan, serta menyusun dan mengajukan proposal kepada pihak swasta maupun pemerintah, terdapat juga kendala yang menghambat dalam perencanaan kebutuhan sarana dan prasarana, kendala tersebut yaitu keterbatasan sumber daya manusia, dan keterbatasan dana yang dimiliki sekolah.
Copyrights © 2024