AT-TAUJIH Bimbingan Dan Konseling Islam
Vol 2 No 1 (2023): DESEMBER

Hubungan Media Sosial TikTok Terhadap Konsentrasi Belajar Siswa

Aini, Qurratul (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Dec 2023

Abstract

Fenomena tingginya intensitas penggunaan media sosial TikTok berdampak pada konsentrasi belajar siswa. Dampak negatif yang ditimbulkan yaitu dapat mengakibatkan kurangnya sosialisasi dengan lingkungan sekitar, kurangnya konsentrasi dalam proses belajar, dan dapat menyebarkan berita hoax. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan media sosial TikTok terhadap konsentrasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan korelasional.Teknik pengumpulan data menggunakan dua angket yaitu angket media sosial TikTok dengan nilai reliabilitas sebesar 0,91 dan angket konsentrasi belajar dengan nilai reliabilitas sebesar 0,81. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 100 orang dan sampelnya berjumlah 30 orang, dengan pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji regresi linear dengan bantuan SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan nilai F= 9,85 dengan signifikansi0,05 bahwa terdapat hubungan negatif antara media sosial TikTok dengan konsentrasi belajar di MA NWDI Lepak. Hal ini menunjukkan bahwa semakin tinggi penggunaan media sosial TikTok, maka semakin rendah konsentrasi belajar siswa. Sebaliknya semakin rendah penggunaan media sosial TikTok, maka semakin tinggi konsentrasi belajar siswa.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

taujih

Publisher

Subject

Religion Education

Description

At-Taujih - Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam (e-issn) 2986-0350 adalah jurnal Program Studi Bimbingan dan Konseling Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi Institut Agama Islam Hamzanwadi NW Pancor. Ruang lingkup naskah pengiriman tentang isu-isu kontenporer bimbingan dan konseling Islam, baik ...