KAMALIYAH : Jurnal Pendidikan Agama Islam
Vol. 2 No. 1 (2024): MEI 2024

Kepercayaan Diri Sebagai Prediktor Prestasi Akademik Siswa

Muhamad Januaripin (Unknown)
Munasir (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 May 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi kepercayaan diri sebagai prediktor prestasi akademik siswa. Metode studi kepustakaan digunakan untuk memahami teori-teori terkait dan hasil penelitian sebelumnya. Hasil analisis menunjukkan bahwa keyakinan diri terhadap kemampuan, keterampilan sosial dan emosional, serta dukungan lingkungan merupakan faktor penting yang harus dimiliki siswa untuk mencapai prestasi akademik yang tinggi. Keyakinan diri memungkinkan siswa untuk menghadapi tantangan belajar dengan lebih efektif, sementara keterampilan sosial dan emosional membantu mereka dalam berinteraksi dan mengelola stres. Dukungan lingkungan, baik dari keluarga, teman, maupun guru, juga berperan signifikan dalam meningkatkan kepercayaan diri dan motivasi belajar siswa. Dengan demikian, peningkatan kepercayaan diri dapat berkontribusi positif terhadap prestasi akademik

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

kamaliyah

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

KAMALIYAH : Jurnal Pendidikan Agama Islam ISSN : 2987-6710 (Media Online) adalah jurnal ilmiah Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah, Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Miftahul Huda Subang Jawa Barat, yang pertama kali diterbitkan pada tahun 2023. Berkenaan dengan perkembangan ...