EDUCENTER JURNAL PENDIDIKAN
Vol. 2 No. 1 (2023): Educenter : Jurnal Ilmiah Pendidikan

Upaya meningkatkan hasil belajar menggunakan metode fun teaching pada mata pelajaran matematika kelas III SDN Gampengrejo

Laela Rizqi Amalia (Universitas Trunojoyo Madura)
Agung Setyawan (Universitas Trunojoyo Madura)



Article Info

Publish Date
25 Jan 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penggunaan metode Fun Teaching dapat meningkatkan hasil belajar kelas III SDN Gampengrejo pada mata pelajaran matematika. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Desain penelitian ini terdiri dari 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret - Juni tahun 2022 di SDN Gampengrejo kelas III dengan jumlah 28 siswa pada semester genap tahun pelajaran 2021/2022. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan tes, observasi siswa dan guru, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan hasil perhitungan skor pretest (pra siklus) dan post test siklus I dan siklus II siswa kelas III SDN Gampengrejo. Hasil belajar matematika siswa dalam pembelajaran matematika materi bangun datar dengan menggunakan metode Fun Teaching di kelas III SDN Gampengrejo pada semester genap tahun pelajaran 2021/2022 mengalami peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa dari pra siklus sebesar 3,57%, siklus I sebesar 50%, dan siklus II menjadi sebesar 92,85%. Jadi, metode Fun Teaching sangat tepat digunakan dalam sebuah pembelajaran di kelas yang pasif dan hasil belajar siswa yang rendah.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

educenter

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Health Professions

Description

Jurnal Ilmiah Pendidikan, e-ISSN: 2827-7988, p-ISSN: 2827-8542, is a peer-refereed open-access national journal that has been established for the dissemination of state-of-the-art knowledge in the fields of education, teaching, development, instruction, educational projects and innovations, learning ...