Fasilitas adalah sarana yang membantu guru, siswa, dan orang lain di sekolah mengakses atau memberikan informasi tentang pembelajaran secara bersamaan tanpa dibatasi oleh waktu atau lokasi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi pustaka, mengumpulkan data melalui pembacaan literatur atau sumber tertulis seperti buku, jurnal, artikel, dan penelitian terdahulu. Berdasarkan penelitian kepustakaan yang telah disajikan, dapat disimpulkan bahwa manajemen sarana dan prasarana pendidikan termasuk pengelolaan kelas, memiliki peran penting dalam mendukung efektivitas pembelajaran di sekolah dasar. Sarana dan prasarana yang memadai, seperti yang ditemukan dalam penelitian SD Islam Al-Azhar 03 Cirebon, dapat meningkatkan kenyamanan dan prestasi siswa. Begitu juga dengan penelitian di SDN Kali Baru 1 Kota Bekasi, yang menunjukkan pengaruh positif manajemen sarana dan prasarana terhadap efektivitas proses belajar mengajar. Selain itu, pengelolaan kelas juga terbukti berperan dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran, seperti yang disimpulkan dalam artikel terakhir. Dengan demikian, fasilitas sekolah yang baik dan pengelolaan yang efektif dapat berkontribusi pada pencapaian tujuan pembelajaran yang lebih baik di sekolah dasar.
Copyrights © 2024