Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Vol. 1 No. 4 (2024): August

Evaluasi Progam Pembelajaran Untuk Pendidikan Inklusif

Munna, Zakiatul (Unknown)
Husna, Zikra Al (Unknown)
Rahmi, Ulfi (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Jul 2024

Abstract

Penulisan Artikel ini bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan program pendidikan inklusi di Sekolah Dasar. Evaluasi program pendidikan inklusi di Sekolah Dasar merupakan upaya untuk memastikan keberhasilan program inklusi dan memberikan kesetaraan bagi siswa dengan kebutuhan khusus untuk berkembang dalam lingkungan yang inklusif. Evaluasi program harus mempertimbangkan berbagai faktor, termasuk keberhasilan bagi siswa inklusi, kenyamanan siswa, kesesuaian program dengan proses pengajaran, tanggapan orang tua, dan ketersediaan segala akses untuk mendukung program inklusi. Ada beberapa bentuk praktik evaluasi yang dapat dilakukan, seperti melakukan observasi kelas inklusi, survei siswa, wawancara dengan guru, pengukuran hasil belajar, dan konsultasi dengan ahli pendidikan inklusi. Setelah dilakukan evaluasi, perlu dilakukan refleksi untuk mengevaluasi kembali proses evaluasi dan mempertimbangkan upaya yang perlu dilakukan selanjutnya. Melalui evaluasi dan refleksi yang tepat, sekolah dapat memperbaiki program yang ada dan memberikan dukungan yang lebih baik untuk siswa inklusi. Hal ini guna memastikan bahwa siswa inklusi dapat belajar dan berkembang dalam lingkungan yang inklusif dan mendapatkan kesempatan yang sama dengan siswa lainnya

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pgsd

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar ISSN 3030-9158 is a scientific journal published by Indonesian Journal Publisher. This journal publishes four issues annually in the months of November, February, May, and August. This journal only accepts original scientific research works (not a review) that ...