Al-Bidayah : Jurnal Pendidikan Dasar Islam
Vol. 10 No. 2 (2018): Al-Bidayah : jurnal pendidikan dasar Islam

Keterampilan Sosial Peserta Didik Dalam Pembelajaran Tematik Di Kelas V MI Muhammadiyah Selo Kulon Progo

Ulum, Chafidhatul (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 May 2019

Abstract

Keterampilan sosial peserta didik mempunyai peran yang sangat penting dalam sebuah pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana keterampilan sosial peserta didik dalam pembelajaran tematik di kelas V MI Muhammadiyah Selo Kulon Progo. Jenis metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, implementasi pembelajaran tematik dilaksanakan melalui tiga tahapan yaitu yaitu tahap perencanaan yang meliputi mengambil tema dari Kemendikbud RI, mengecek/melihat SKL, KI, KD, melakukan Pemetaan KI,KD, membuat jaringan tema, menyusun silabus, dan merancang RPP, tahap pelaksanaan meliputi kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup, dan tahap evaluasi. Kedua, keterampilan sosial peserta didik meliputi keterampilan bekerja sama dengan orang lain, keterampilan mengontrol diri dan keterampilan berbagi pikiran dan pengalaman dengan orang lain. Ketiga, faktor pendukung pengembangan keterampilan sosial peserta didik adalah guru, peserta didik, dan lingkungan. Faktor penghambatnya yaitu belum terpenuhinya sarana prasarana madrasah, dan distribusi sumber belajar terlambat. Keempat, dampak pengembangan keterampilan sosial peserta didik yaitu sikap disiplin, tanggung jawab, dan peduli terhadap orang lain.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

albidayah

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Focus and Scope Focus Al-Bidayah : jurnal pendidikan dasar Islam emphasizes the study of primary education and islamic primary education in islamic countries in general and specifically in Indonesia by emphasizing the theories of islamic primary education and its practices in the Islamic worlds that ...