HYPOTHESIS : MULTIDISCIPLINARY JOURNAL OF SOCIAL SCIENCES
Vol 2 No 01 (2023): HYPOTHESIS : Multidisciplinary Journal Of Social Sciences

PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI SD/MI

Oktalena, Dela Dwi (Unknown)
Samiha, Yulia Tri (Unknown)
Akbar Hilmi, Muhamad (Unknown)
Wulandari, Cherrysa Ariesty (Unknown)
Maharani, Nabila (Unknown)
Khoirunnisa, Nabila (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Jun 2023

Abstract

Motivasi adalah sesuatu dorongan pada diri seseorang untuk mencapai suatu tujuan. Supaya peserta didik mempunyai motivasi dalam belajar, maka guru memiliki peranan yang penting. Guru dituntut untuk mendesain pembelajaran, mengevaluasi mengatur kedisiplinan kelas, oleh karena itu peran guru sangat dibutuhkan. Peranan guru yang paling penting adalah guru berperan sebagai motivator.Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara,observasi penelitian ini peneliti sendiri yang di bantu dengan mengumpulkan data. Subjek penelitian ini sendiri adalah guru SDN 91 Palembang. Penelitian ini mempunyai tujuan yakni mendeskripsikan peran guru dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik, mendeskripsikan kendala yang dialami guru dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik, dan mendeskripsikan solusi yang didapat guru dalam meningkatkan motivasi belajar pada peserta didik di SD Negeri 91 Palembang. Hasil dari penelitian ini adalah tingginya tingkat kemalasan peserta didik dalam belajar disekolah, dengan begitu menyebabkan guru di SDN 91 Palembang sangat berperan krusial terhadap peserta didik. Dikarenakan beberapa faktor yang memengaruhinya. Cara yang dilakukan guru di SDN 91 Palembang dengan cara menumbuhkan atau meningkatkan motivasi peserta didik dalam belajar, dengan melakukan Perbaikan lagi terhadap proses pembelajaran menjadi lebih baik.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

hypothesis

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

HYPOTHESIS : Multidisciplinary Journal Of Social Sciences is a scientific journal in Multidisipliner Sciences published by Pusat Studi Ekonomi, Publikasi Ilmiah dan Pengembangan SDM Azramedia Indonesia with e-ISSN : 2963-640X (Online) is a quarterly journal that is published in Juny and December. ...