Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam
Vol. 11 No. 001 (2022): Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam (Special Issue 2022)

Implementasi Pengembangan Kurikulum Integratif di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

Ikmal Ikmal (Mahasiswa Pascasarjana UIN Maulana Malik Ibrahim)
Tobroni Tobroni (Universitas Muhammadiyah Malang)
Sutiah Sutiah (UIN Maulana Malik Ibrahim Malang)



Article Info

Publish Date
26 Dec 2022

Abstract

 Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk mengetahui langkah-langkah implementasi integrasi keilmuan dan pelaksanaan kurikulum integratif dalam pembelajaran di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Metode penelitian ini adalah deskriptif-kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan studi dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pengembangan kurikulum integratif di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang dilakukan melalui langkah-langkah implementatif integrasi keilmuan, yang terdiri atas: pengembangan silabus dan RPS, penulisan buku ajar, perekrutan dan pembinaan dosen, bangunan kelembagaan, budaya kampus, laboratorium terintegrasi, dan khotmil Qur’an. Sementara itu, strategi pelaksanaan kurikulum integratif di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang dilakukan pada saat: memulai pembelajaran, menyampaikan pembelajaran, mengakhiri pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran. 

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

ei

Publisher

Subject

Education

Description

Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam focuses on publishing articles that contain ideas, research results, and literature studies in the field of Islamic Education. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam Scope are: Al Quran and Hadith-based Islamic Education, Media and Learning Resources in ...