Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis : 1) bagaimana implementasi metode yang digunakan dalam penerapan qira’at Alquran di MTs Ar-Ridha. 2) bagaimana hasil Penerapan qira’at Alquran Imam Nafi’ riwayat Qolun pada siswa MTs Ar-Ridha. 3) bagaimana faktor pendukung dan penghambat dalam Penerapan qira’at Alquran di MTs Ar-Ridha. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Sedangkan pengumpulan data peneliti peroleh dengan teknik Observasi, Wawancara dan Studi Dokumentasi. Adapun sumber data dalam penelitian ini di peroleh dari lokasi penelitian yaitu MTs Ar-Ridha Medan Marelan. Terkait dengan fokus penelitian ini adalah Wakil Kepala Madrasah Bidang Kurikulum dan Kesiswaan, & Sarana dan Prasarana, Guru Mata Pelajaran serta Siswa/i di MTs Ar-RidhaMedan Marelan, Sedangkan Analisis yang di pergunakan merujuk pada data model Miles and Huberman. Adapun hasil dari penelitian ini adalah : 1) Metode yang digunakan dalam pembelajaran ini yakni dengan metode talqin atau guru membaca siswa mengikuti dengan panduan yang ada. 2) Kurang efektifnya penerapan pembelajaran qira’at di MTs Ar-Ridha. Sebab, masih banyak siswa yang butuh perbaikan dalam membaca Alquran. 3) Adapun faktor pendukungnya adalah semangat siswa yang begitu tinggi dalam mempelajarinya, sedangkan faktor penghambat yaitu ada beberapa siswa yang kurang faham dengan metode ini sebab mereka yang masih terlalu dini mempelajarinya
Copyrights © 2022