Penelitian ini dimaksudkan untuk mengeksplorasi peran pemikiran Az-Zarnuji dalam sistem pendidikan abad pertengahan, studi analisis kitab Ta’limul Muta’alim. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif menggunakan pendekatan pendalaman teori dan Analisis Isi pada suatu pustaka, baik dari buku maupun jurnal yang berkaitan. Hasil dari penelitian ini menggaris bawahi bahwa Az-Zarnuji Penulis kitab Ta’limul Muta’alim memberikan banyak panduan bagi para murid atau pelajar. Bimbingan tersebut meliputi pemilihan guru dan teman yang dapat menjadi guru dan teman untuk berdiskusi dan mencari solusi terhadap masalah-masalah tertentu. Selain itu, pengarang juga memberikan beberapa cara untuk menghormati orang yang berilmu dan yang berilmu. Singkatnya, Az-Zarnuji menjadi referensi yang dapat diandalkan bagi para pencari ilmu. Az-Zarnuji hidup di masa pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan untuk itu kitab ini dapat menjadi penyeimbang akhlak bagi para pencari ilmu pengetahuan agar bisa menjadi orang yang berilmu tinggi dan berakhlak mulia.
Copyrights © 2023