Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan menjelaskan tentang ancangan pembelajaran, bentuk penerapannya, dan strategi pembelajaran efektif berbasis ICT di madrasah. Penelitian ini merupakan studi lapangan yang menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, studi dokumen, dan diskusi terfokus. Analisis data menggunakan analisis domain, analisis taksonomi, dan analisis komponensial. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa madrasah unggul telah melakukan ancangan pembelajaran berbasis ICT, menggunakan bentuk-bentuk ICT yang variatif baik berupa e-book maupun aplikasi virtual dalam pembelajarannya. Ancangan pembelajaran berbasis ICT dirancang oleh guru, madrasah, dan komunitas antar madrasah, sedangkan bentuk penerapan ICT menggunakan aplikasi gratis, berbayar, dan buku elektronik, serta strateginya dengan pembelajaran yang memanfaatkan berbagai e-book baik online maupun offline sehingga siswa mencapai tingkat kemampuan memahami, mengevaluasi, dan mengkreasi, kemudian strategi memanfaatkan rekaman dari aplikasi audio, visual, dan audio-visual yang diproduksi oleh guru sendiri maupun pihak lain.
Copyrights © 2021