Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam
Vol. 11 No. 02 (2022): Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam

Manajemen Pembelajaran Berbasis Tradisi Keislaman : Studi Kelas Agama Islam, Sains, Sosial, dan Bahasa Berwawasan Moderasi Beragama

Kisbiyanto Kisbiyanto (IAIN Kudus)



Article Info

Publish Date
25 Jun 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan tentang manajemen kelas pembelajaran berbasis tradisi keislaman untuk mata pelajaran rumpun agama islam, sains, sosial, dan bahasa, dan menjelaskan tentang tradisi-tradisi keislaman tersebut membentuk kelas yang berwawasan moderasi beragama. Penelitian ini merupakan studi lapangan yang menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, studi dokumen, dan focused group discussion. Analisis data menggunakan analisis domain, analisis taksonomi, dan analisis komponensial. Simpulan penelitian ini, banyak tradisi keislaman itu telah menjadi supporting system pendidikan Islam yang sangat kaya akan nilai-nilai keislaman, baik pada aspek akidah, syariah, dan akhlak serta kebudayaan Islam. Pertama, manajemen kelas berwawasan moderasi beragama bisa diterapkan pada semua mata pelajaran, baik rumpun agama Islam, rumpun sains, rumpun sosial, dan rumpun bahasa. Kedua, wujud nyata tradisi-tradisi keislaman yang hidup secara nyata di nusantara misalnya istighatsah, ziyarah, santunan, maulid nabi, haul, upacara dan peringatan hari besar Islam menjadi basis pembelajaran Islam yang berwawasan moderasi beragama, baik sebagai sumber belajar, media belajar, maupun pendekatan dalam belajar. 

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

ei

Publisher

Subject

Education

Description

Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam focuses on publishing articles that contain ideas, research results, and literature studies in the field of Islamic Education. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam Scope are: Al Quran and Hadith-based Islamic Education, Media and Learning Resources in ...