Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam
Vol. 12 No. 001 (2023): Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam (Special Issue 2023)

Pengembangan Kurikulum di Madrasah Tsanawiyah dalam Perspektif Anti Radikalisme

Hamriono, Neno (Unknown)
Marhamah, Marhamah (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Feb 2024

Abstract

Radikalisme masih menjadi persoalam serius di Indonesia. Remaja sebagai agensi perubahan memiliki kecenderungan lebih kuat dan kemungkinan lebih besar untuk terlibat dalam gerakan sosial radikal dibandingkan dengan orang dewasa. Sejumlah peristiwa radikalisme dan bahkan terorisme yang terjadi di Indonesia telah membuktikan keterlibatan  anak muda. Implementasi internalisasi nilai-nilai anti radikalisme pada peserta didik tidak harus  disajikan sebagai pembelajaran mata pelajaran atau pokok  bahasan tersendiri, tetapi terintegrasi ke dalam seluruh proses pembelajaran mata pelajaran, kegiatan pengembangan diri, dan kegiatan pembiasaan di sekolah. Oleh karena itu, guru dan stake holder lainnya  di sekolah perlu mengintegrasikan nilai-nilai anti-radikalisme ke dalam kurikulum  sekolah.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

ei

Publisher

Subject

Education

Description

Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam focuses on publishing articles that contain ideas, research results, and literature studies in the field of Islamic Education. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam Scope are: Al Quran and Hadith-based Islamic Education, Media and Learning Resources in ...