Penelitian ini dilatarbelakangi masalah pada peningkatan mutu pembelajaran pada mata pelajaran pendidikan agama Islam yang dilihat dari pengelolaan kualitas pembelajaran, diantaranya pengelolaan tempat belajar, pengelolaan siswa, bagaimana mengaktifkan mereka dalam proses belajar mengajar, pengelolaan isi atau materi pembelajaran dan pengelolaan sumber belajar dan lain sebagainya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi guru dalam meningkatkan mutu pembelajaran pendidikan agama islam di lembaga pendidikan islam butterfly learning center (BLC). Penelitian menggunakan pendekatan metode kualitatif berdasarkan penelitian lapangan, data penelitian dihimpun melalui observasi, wawancara, dokumentasi, analisis, reduksi, penyajian, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang dilakukan dalam mengatasi hambatan dalam meningkatkan mutu belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam diantaranya adalah meningkatkan motivasi belajar siswa, melengkapi sarana prasarana belajar atau media pembelajaran dan penguasaan materi yang diajarkan serta penguasaan metodologi pembelajaran guru, sehingga dengan antisipasi tersebut mutu pembelajaran pendidikan agama Islam dapat ditingkatkan.
Copyrights © 2023