Perkembangan UMKMi di Indonesia sebagai salah satu faktor yang berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi dan penyerapan tenaga kerja. Banyak faktor yang menjadi permasalahan dalam peningkatkan UMKM salah satunya yaitu kemampuan berkomunikasi yang menjadi sarana membangun kerja sama dan memperluas jaringan yaitu public speaking dalam promosi produk dan kemampuan bernegosiasi. Berdasarkan permasalahan yang dihadapi, bahwa public speaking dan negosiasi sangat penting bagi perkembangan dan peningkatan kinerja UMKM. Metode yang digunakan untuk penyampaian materi yaitu metode ceramah yang diberikan dalam penyuluhan dan pendampingan. Alur kegiatan terstuktur mulai dari observasi, persiapan, penyuluhan, pendampingan, dan evaluasi. Materi yang disampaikan tentang public speaking dan kemampuan bernegosiasi. Hasil yang diperoleh dari pengabdian masyarkat menunjukkan antusiasme peserta yang cukup baik. Selain itu, pelatihan keterampilan public speaking dan negosiasi juga berdampak positif pada kepercayaan diri dan motivasi para pelaku UMKM. Mereka merasa lebih percaya diri dalam mempresentasikan produk atau layanan mereka di depan publik, dan kemampuan negosiasi yang cukup baik dengan pihak konsumen yang dapat membantu dalam memperluas jaringan bisnis dan memperoleh peluang baru.
Copyrights © 2023