Journal of Economic, Bussines and Accounting (COSTING)
Vol 7 No 3 (2024): Journal of Economic, Bussines and Accounting (COSTING)

Pengaruh Customer Experience Dan Personalisasi Artificial Intelligence (AI) Terhadap Loyalitas Konsumen E-Commerce Shopee Di Surabaya

Widyana Dini Maylinda (Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur)
Sonja Andarini (Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur)



Article Info

Publish Date
02 Apr 2024

Abstract

Transformasi digital pada aktivitas bisnis mendorong banyak munculnya e-commerce salah satunya adalah Shopee, e-commerce populer dan banyak diminati di Indonesia. Tujuan penelitian ini yaitu guna menganalisis pengaruh Customer Experience dan Personalisasi Artificial Intelligence (AI) terhadap Loyalitas Konsumen e-commerce Shopee di Surabaya. Jenis penelitian ini yaitu kuantitatif dengan metode eksplanatori dan pengukuran variabel dilakukan dengan menggunakan skala likert. Konsumen Shopee usia 18-28 tahun yang berdomisili di Surabaya dan pernah mengunduh, menggunakan serta berbelanja di aplikasi Shopee adalah responden penelitian ini. Teknik penarikan sampel yang pada penelitian ini yaitu non-probability sampling dengan pendekatan purposive sampling dan didapatkan jumlah sampel sebanyak 204 responden dengan menggunakan rumus Slovin. Pengumpulan data pada penelitian ini melalui kuisioner dan program IBM SPSS Statistics 25 digunakan untuk menganalisis serta melakukan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, uji t dan uji F. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa secara parsial signifikan Customer Experience mempengaruhi Loyalitas Konsumen, secara parsial signifikan Personalisasi Artificial Intelligence (AI) mempengaruhi Loyalitas Konsumen, serta secara simultan signifikan Customer Experience dan Personalisasi Artificial Intelligence (AI) mempengaruhi Loyalitas Konsumen. Kata Kunci: Pengalaman Konsumen, Personalisasi Kecerdasan Buatan (AI), Loyalitas Konsumen

Copyrights © 2024