Tingginya nilai pemanfaatan internet pada pulau Jawa membuat terbukanya kesempatan untuk para penyedia jasa layanan internet atau Internet Service Provider (ISP) untuk mengembangkan sayap. Salah satunya yaitu Perusahaan BRK Network yang berdomisili di Tulungagung. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengkonfirmasi faktor apa saja yang dipertimbangkan konsumen dalam keputusan pembelian layanan internet fiber optic berskala B2G (Business to Government) di Karisidenan Kediri. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif menggunakan analisis exploratory factor analysis. Data diuji validitas dan reabilitasnya menggunakan SPSS, setelah itu dilanjutkan untuk uji KMO dan Uji Sphericity antar variabel menggunakan barlett of sphericity dan Anti-image correlation test. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari 16 variabel yang disajikan adalah valid dan dianggap reliabel. Dari pemrosesan data menunjukkan bahwa terdapat empat variasi faktor. Mengacu terhadap hasil penelitian tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat 4 (empat) faktor yang digolongkan berdasarkan 16 variabel. Faktor 1 yaitu dengan penamaan optimalisasi pelayanan, faktor 2 kepuasan pelanggan, faktor 3 nilai yang ditawarkan, dan faktor 4 fleksibilitas. Penelitian ini bermanfaat bagi perusahaan penulis ataupun perusahaan sejenis untuk meningkatkan kualitas SDM sehingga berpengaruh positif terhadap perfoma perusahaan.
Copyrights © 2024