Jurnal Ekonomi Bisnis, Manajemen dan Akuntansi (JEBMA)
Vol. 4 No. 1 (2024): Artikel Riset Maret 2024

Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Dalam Upaya Meningkatkan Omset Penjualan Toko Zahra Grosir

Yulida Fithriyatul Maini (Universitas Islam Zainul Hasan Genggong)
Siti Maryam (Universitas Islam Zainul Hasan Genggong)
Norhayati Norhayati (Universitas Islam Zainul Hasan Genggong)



Article Info

Publish Date
27 Feb 2024

Abstract

Peneliti mengambil objek penelitian pada toko Zahra Grosir karena letak tempat yang cukup strategis bersebelahan dengan pasar condong akan tetapi berbanding terbalik dengan realita yang ada sedikitnya minat konsumen untuk membeli ditoko Zahra Grosir, hal ini juga menimbulkan omset yang dihasilkan tidak mencapai target penjual. Target yang diupayakan penjual dalam menjual produk selama satu bulan kurang lebih senilai Rp 6.000.000. Pendekatan Penelitian kuantitatif dilakukan dengan menggunakan metode analisis regresi linear berganda. Populasi yang digunakan sebanyak 150 dengan sampel berjumlah 60 yang diperoleh dari rumus slovin. Metode analisis berganda yakni kepuasan konsumen = 10.798 + 0,320 harga + 0,520 kualitas produk. Hasil uji parsial harga diketahui nilai Sig. untuk pengaruh X1 terhadap Y adalah sebesar 0,064 > 0,05 dan nilai t hitung 1.892 < 2.002 sehingga dapat disimpulkan bahwa H1 ditolak, yang menunjukkan bahwa tidak ada pengaruh X1 terhadap Y, yang berarti harga tidak signifikan. Hasil uji parsial kualitas produk diketahui nilai Sig. untuk pengaruh X2 terhadap Y adalah sebesar 0,008 < 0,05 dan nilai t hitung 2.749 > 2.002 sehingga dapat disimpulkan bahwa H2 diterima yang berarti terdapat pengaruh X2 terhadap Y yang menunjukkan bahwa kualitas produk berdampak positif dan signifikan. Hasil penelitian uji silmutan harga dan kualitas produk diketahui nilai signifikansi untuk pengaruh X1 dan X2 secara silmutan terhadap Y adalah sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai F hitung 12.402 > F tabel 1,672 sehingga dapat disimpulkan bahwa H3 diterima yang berarti terdapat pengaruh X1 dan X2 secara silmutan terhadap Y.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jebma

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences Other

Description

Jurnal Ekonomi Bisnis, Manajemen dan Akuntansi (JEBMA) adalah Jurnal Nasional dalam bidang ilmu ekonomi bisnis, manajemen dan akuntansi. JEBMA terbit tiga kali setahun, yaitu pada bulan Maret, Juli dan November. JEBMA bertujuan untuk mempromosikan hasil penelitian di bidang ekonomi bisnis, manajemen ...