Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS) Bhakti Sumekar Cabang Pragaan merupakan lembaga keuangan berbasis syariah. Dalam melakukan pemasaran produk pada umumnya BPRS Bhakti Sumekar Cabang Pragaan menggunakan strategi bauran pemasaran 4P yaitu, produk (product), harga (price), promosi (promotion), dan tempat (place) yang sering disebut dengan Marketing Mix. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi yang dilakukan di BPRS Bhakti Sumekar Cabang Pragaan dalam upaya mengetahui strategi pemasaran yang dijabarkan dalam dua fokus yaitu: 1. Bagaimana strategi pemasaran deposito mudharabah yang dilakukan oleh BPRS Bhakti Sumekar Cabang Pragaan 2. Bagaimana strategi BPRS Bhakti Sumekar Cabang Pragaan dalam mempertahankan kepercayaan nasabah deposito mudharabah. Penelitian ini menggunakan penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif kualitatif. Metode yang digunakan adalah metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data primer diperoleh melalui wawancara dengan pihak bank dan nasabah deposito dan data sekunder yang diproleh melalui studi literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemasaran deposito mudharabah yang dilakukan oleh BPRS Bhakti Sumekar Cabang Pragaan dilakukan dengan cara promo akhir tahun kepada nasabah dengan pemberian porsi bagi hasil lebih, segmentasi pasar dan pemasaran media sosial atau social media marketing. Strategi BPRS Bhakti Sumekar Cabang Pragaan dalam mempertahankan kepercayaan nasabah deposito mudharabah dilakukan dengan cara porsi margin yang tinggi kepada nasabah, pemberian hadiah atau penghargaan yang berupa souvenir dan layanan jasa (pick up).
Copyrights © 2022