Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan membaca cerita pendek terhadap penguasaan kosakata bahasa inggris siswa pada siswa kelas dua SMK Kesehatan Hamzar Bayan pada tahun akademik 2019/2020. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 30 siswa dari 115 siswa populasi. Untuk tujuan ini, ada dua kelompok: kelompok eksperimen dan kelompok kontrol diperlakukan berbeda. Di mana kelompok eksperimen diperlakukan dengan menggunakan membaca cerita pendek dan kelompok kontrol menggunakan membaca artikel berita. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan cerpen lebih efektif daripada penggunaan artikel berita. Ini dibuktikan dengan angka kelompok rata-rata, standar deviasi dan nilai uji-t terlihat bahwa skor rata-rata kelompok eksperimen lebih tinggi daripada skor rata-rata kelompok kontrol (14,19 untuk eksperimen dan 6,3 untuk kelompok kontrol). Berdasarkan analisis statistik menggunakan uji-t menunjukkan bahwa t-tabel 3,57> 2,00 t-tabel pada tingkat kepercayaan 0,05% (95%) dan 3,57> 2,66 t-tabel pada tingkat kepercayaan 0,01% (90%). Akhirnya, penulis menyimpulkan bahwa penggunaan cerpen efektif untuk meningkatkan penguasaan kosakata siswa di siswa kelas dua SMK Kesehatan Hamzar Bayan pada tahun akademik 2019/2020.
Copyrights © 2022