Journal of Biology, Chemistry, Mathematics and Physics Education
Vol 1 No 1 (2024): Februari

Pengaruh Model Pembelajaran Treffinger dengan Berbantuan Media Gambar terhadap Berpikir Kreatif Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Rambah pada Materi Sistem Pencernaan Manusia

Lestari, Rena (Unknown)
Mubarrak, Jismi (Unknown)
Eriza, Eriza (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 May 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran treffinger berbantuan media gambar terhadap berpikir kreatif siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Rambah pada mata pelajaran sistem pencernaan manusia. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Rambah pada bulan Juli s.d September 2023. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Rambah Kecamatan Rambah Kabupaten Rokan Hulu. Sampel penelitiannya adalah kelas VIII.1 (kelas kontrol), kelas VIII.3 (kelas eksperimen). Teknik pengambilan sampel penelitian menggunakan purposive sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner, kemudian data dianalisis. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan atau pengaruh yang signifikan model pembelajaran treffinger berbantuan media gambar terhadap berpikir kreatif siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Rambah. Hal ini terlihat dari hasil uji hipotesis yang menunjukkan nilai signifikansi lebih kecil dari taraf signifikansi 0,05 yaitu nilai Sig sebesar 0,000 ˂ 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

biochamp

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Ruang lingkup tulisan yang akan diterbitkan pada jurnal ini antara lain: 1. Strategi, metode, model pembelajaran mencakup biologi, kimia, matematika dan fisika. Pembelajaran berbasis kearifan lokal dan pendidikan untuk pembangunan berkelanjutan. 2. Media Pembelajaran meliputi pengembangan dan ...