Jurnal Al-Ilmi
Vol 4 No 02 (2024): Maret

Pengaruh Profesionalisme Dan Kedisiplinan Guru Pai Terhadap Motivasi Menghafal Al-Qur’an Peserta Didik

Gani, Sofyan (Unknown)
Mustamir, Mustamir (Unknown)
Mubhar, Muhammad Zulkarnain (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Mar 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh profesionalisme dan kedisiplinan guru PAI terhadap motivasi mengahafal al-qur’an peserta didik di MIS ikhwanussafa sengkang. Dalam penelitian ini telah dilakukan uji statistik regresi linear berganda untuk uji hipotesis dan diperoleh kesimpulan bahwa profesionalisme dan kedisiplinan guru PAI terhadap motivasi mengahafal al-qur’an peserta didik di MIS ikhwanussafa sengkang terdapat pengaruh. Jenis penelitian ex post facto. Adapun populasi pada riset ini adalah seluruh peserta didik MIS Ikhwanussafa Sengkang yang berjumlah 30 orang. Langkah teknis pengumpulan data dengan menggunakan instrumen angket/kuesioner, dokumen. Selanjutnya untuk analisis data digunakan program Spss versi 22. Dari hasil penelitian diperoleh gambaran bahwa 1) Profesionalisme guru terhadap motivasi menghafal Al-Qur’an peserta didik di MIS Ikhwanussafa Sengkang terdapat pengaruh. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji regresi sederhana diperoleh hasil uji T dengan menggunakan SPSS menunjukkan t hitung 3,490 > t tabel 2,048 dan besaran pengaruh berdasarkan uji R- Square yaitu 74,5 % sehingga dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak yang berarti bahwa profesionalisme guru PAI berpengaruh terhadap motivasi menghafal Al-Qur’an peserta didik. 2) Kedisiplinan guru terhadap motivasi menghafal Al-Qur’an peserta didik di MIS Ikhwanussafa Sengkang terdapat pengaruh. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji regresi sederhana diperoleh hasil uji T dengan menggunakan SPSS menunjukkan nilai t hitung 4,026 > t tabel 2,048 dan besaran pengaruh berdasarkan uji R-Square adalah 74,5 % sehingga dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak yang berarti kedisiplinan guru PAI berpengaruh terhadap motivasi menghafal Al-Qur’an peserta didik. 3) Profesionalisme dan kedisiplinan guru PAI terhadap motivasi menghafal Al-Qur’an peserta didik berpengaruh secara simultan. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji regresi berganda diperoleh nilai signifikansi 0.000 < 0.05 dan nilai F hitung 39,345 > F tabel 3.55 sedangkan besaran pengaruh berdasarkan uji R-Square adalah 74,5 %, sehingga dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak yang berarti profesionalisme guru dan kedisiplinan guru PAI secara simultan berpengaruh terhadap motivasi menghaafal Al Qur’an peserta didik

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

al

Publisher

Subject

Religion Other

Description

Jurnal Al-Ilmi adalah Jurnal Program Pascasarjana Prodi PAI yang dikelolah oleh Lembaga penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Islam Ahmad Dahlan yang memuat penelitian tentang Pendidikan Agama ...