Polynom: Journal in Mathematics Education
Vol. 1 No. 2 (2021): November 2021

Analisis Motivasi Belajar Matematika Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika UIN Sunan Kalijaga pada Penggunaan Media E-Learning Daring

Farida, Aulia (Unknown)
Rizkia Unsabila, Tasya (Unknown)
Ibrahim (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2021

Abstract

Pandemi Covid-19 menyebabkan hampir segala aspek kehidupan beralih dari luring ke daring, termasuk dalam aspek pendidikan mulai dari pendidikan dasar hingga perguruan tinggi. Karena perpindahan ini, timbul kebiasaan baru dan perubahan motivasi belajar mahasiswa. Perubahan motivasi belajar tidak akan terlepas dari kesiapan belajar mahasiswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui motivasi belajar mahasiswa Pendidikan Matematika selama pembelajaran daring ini. Penelitian ini meggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Matematika angkatan 2019 Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. Metode pengumpulan data adalah dengan angket yang dibagikan ke mahasiswa dalam bentuk gform. Untuk pengukurannya, peneliti menggunakan skala Likert, yaitu 1) sangat tidak setuju, 2) tidak setuju, 3) ragu-ragu, 4) setuju, dan 5) sangat setuju. Instrumen dari angket tersebut merupakan hasil adopsi dari sebuah skripsi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa motivasi belajar mahasiswa Pendidikan Matematika selama pembelajaran daring adalah baik. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar sangat berpengaruh pada perilaku mahasiswa pendidikan matematika.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Polynom

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

Polynom: Journal in Mathematics Education mencakup penelitian asli dalam pendidikan matematika dan tidak diserahkan ke jurnal atau konferensi lain dari berbagai bidang penelitian seperti penelitian dan pengembangan, penelitian eksperimental, survei, penelitian tindakan kelas, dll. Jurnal ini ...