Jurnal Cyber PR
Vol 3, No 2 (2023)

Peran HUMAS Disdukcapil Jakarta Dalam Menyosialisasi Penggunaan Aplikasi Alpukat Betawi Ke Masyarakat Jakarta

Nur’aini Alprita (Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama), Jakarta)
Widyarini Ridwan (Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama), Jakarta)
Catur Priyadi (Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama), Jakarta)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2023

Abstract

Di tengah pandemi Covid-19, Indonesia memasuki era masyarakat 5.0 yang memaksa pemerintah untuk mengembangkan layanan digital. Aplikasi Alpukat Betawi, dari Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi DKI Jakarta, dibuat untuk memenuhi kebutuhan administratif agar cepat dan ringkas. Jakarta sebagai kota yang memiliki masyarakat cenderung sibuk sehingga diperlukan humas sebagai untuk menyosialisasikan aplikasi tersebut. Studi ini bertujuan menjawab: 1) Peran Humas DUKCAPIL DKI Jakarta dalam memperkenalkan aplikasi Alpukat Betawi, dan 2) Faktor hambatan/dukungan dalam adopsinya. Menggunakan teori humas, sosialisasi, dan teori 7C, penelitian ini menerapkan konstruktivisme, pendekatan deskriptif, dan metode studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, literatur, dan dokumentasi. Hasil menunjukkan humas DUKCAPIL sebagai perantara penting, menghubungkan media massa dan masyarakat, memfasilitasi aliran informasi, menangani masalah di media sosial, dan menjadi sumber informasi utama. Faktor seperti aksesibilitas, efisiensi, umpan balik positif, inovasi, dan manfaat sosial berkontribusi pada kesuksesan. Namun, keterbatasan internal/eksternal dan sosialisasi yang kurang optimal tetap jadi tantangan. Kolaborasi antara DUKCAPIL, pemerintah, dan partisipasi masyarakat penting untuk meraih potensi aplikasi ini.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

cyberpr

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal Cyber PR is a scientific journal that publishes scientific articles in the study of communication science. Jurnal Cyber PR aims to encourage research in public relations ...