ABDI MOESTOPO: Jurnal Pengabdian pada Masyarakat
Vol 7, No 1 (2024): Januari 2024

Pelatihan Branding Produk bagi Siswa SMK Calon Pelaku UMKM di Kota Tangerang

Enjang Pera Irawan (Universitas Mercu Buana)
Muhammad Saifulloh (Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama))
Rialdo Rezeky Manogari Lumban Toruan (Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama))



Article Info

Publish Date
26 Jan 2024

Abstract

Data dari Institute for Developments of Economics and Finance (Indef), porsi produk impor yang dijual di e-commerce mencapai 90%. Kondisi ini menciptakan persaingan yang sangat kompetitif. Salah satu kelemahan pelaku bisnis yaitu kurangnya pemahaman akan branding produk. Untuk calon pelaku UMKM perlu diberikan pemahaman dan kompetensi dalam melakukan branding guna meningkatkan nilai jual produk mereka. Pemilihan siswa SMK Budi Mulia Kota Tangerang karena Universitas Mercu Buana telah memiliki kerjasama di bidang kewirausahaan. Melalui pelatihan branding ini, para perserta memperoleh peningkatan pemahaman dan kompetensi branding. Metode pelatihan yang akan dilakukan yaitu dengan pemaparan materi (ceramah), diskusi interaktif, dan simulasi branding yang melibatkan seluruh peserta. Untuk mengukur tolok ukur keberhasilan program ini, siswa mengisi kuesioner singkat yang berisi pertanyaan tentang pemahaman mereka terhadap materi yang diberikan, serta penilaian hasil simulai branding yang telah dilakukan. Dari hasil kuesioner, peserta pelatihan terlihat memahami pentingnya branding, dan menguasai bagaimana merencanakan branding secara baik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

abdimoestopo

Publisher

Subject

Humanities Environmental Science

Description

ABDI MOESTOPO an open source journal, published by the Institute for Research and Community Service (LPPM), University of Prof. Dr. Moestopo (Beragama) Jakarta to accommodate the results of research and community service activities carried out by researchers from various universities / research ...